TikTok Stories
Technology

TikTok Stories; Fitur Terbaru TikTok Diberi Nama “Jump”

Jalurmedia.com – Platform berbagi video TikTok sedang bereksperimen dengan fitur stories baru yang mirip dengan fungsi Snapchat, Facebook, dan Instagram. TikTok Stories memungkinkan pengguna untuk melihat video yang diposting dari akun yang mereka ikuti selama 24 jam sebelum dihapus secara otomatis.

Dilansir BBC News, Kamis (5/8/2021), kehadiran fitur TikTok Stories muncul saat WhatsApp meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna memposting foto atau video yang otomatis menghilang sementara Twitter efektif menutup fitur serupa Stories.

TikTok mengatakan kepada BBC: “Kami selalu memikirkan cara baru untuk menambah nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok”

TikTok menyebut bahwa fitur baru itu bernama Jump. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menautkan tautan untuk terhubung ke platform lain. Contoh penggunaannya adalah saat kamu ingin membuat video memasak. Kamu dapat mengintegrasikan resep dari aplikasi Whisk, yaitu aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi resep, sehingga pengikut kamu dapat dengan mudah melihat resepnya sendiri. Sebelumnya, pengguna TikTok biasanya menyertakan tautan link di bio page mereka.

Baca juga: IG Reels Vs TikTok, Lebih Canggih Yang Mana Ya?

Fungsi Jump TikTok Stories

Fungsi Jump didukung di banyak platform lain seperti Whisk, Breathwrk, Wikipedia, Quizlet, StatMuse, dan Tabelog. Dalam beberapa minggu mendatang, TikTok akan berkolaborasi dengan banyak platform lain seperti BuzzFeed, Jumpope, IRL, dan WATCHA.

“Kami sedang bereksperimen dengan menawarkan format tambahan kepada pembuat konten untuk menghidupkan ide-ide kreatif mereka untuk komunitas TikTok” kata juru bicara itu.

Kamu dapat membuat cerita baru dengan mengetuk tombol “Buat” yang ditambahkan ke bilah sisi dan kamu dapat menambahkan teks, musik, dan teks biasa. Sesuai dengan sifat TikTok yang mengutamakan video, tampaknya cerita-cerita tersebut dialirkan sebagai video daripada gambar
diam.

Pengguna dapat memilih dari beberapa platform yang terkait dengan konten video.

Jika ingin membuat kuis, pengguna dapat menambahkan program melalui platform Quizlet. Fungsi Jump diperkirakan hanya berlaku untuk akun creator di TikTok. Untuk beralih ke akun Creator, masuk ke halaman “Pengaturan & Privasi”, pilih “Manajemen Akun”, lalu klik “Beralih ke Akun Pro” di menu “Manajemen Akun”. Fungsi Jump belum tersedia untuk pengguna aplikasi Android TikTok Indonesia. Mungkin fungsi ini secara bertahap akan ada.

TikTok bukan perusahaan pertama yang menghadirkan ide aplikasi kecil di platform video. Sebelumnya, Snapchat memiliki fitur serupa yang disebut Minis yang memungkinkan pengguna untuk berbagi.  Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi dan game kecil dengan teman-teman mereka secara bersama.

Perusahaan belum merilis detail tentang seberapa menyeluruh pengujian TikTok Stories atau kapan versi yang lebih besar akan dirilis. Namun, penelusuran cepat di Twitter menemukan banyak pengguna TikTok yang sudah bisa mengakses fitur ini. (Din)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *