Hati-Hati! Situs Swagbuckssn.xyz Ternyata Berbahaya!
News Technology

Hati-Hati! Situs Swagbuckssn.xyz Ternyata Berbahaya!

Jalurmedia.com – Jagat maya terutama Twitter sedang dihebohkan dengan dengan alamat situs swagbuckssn.xyz.   Situs ini mengaku akan memberikan pengguna sejumlah uang. Uang ini akan diberikan secara cuma-cuma kepada pengguna hanya dengan menonton video dan mengisi survei. Tak hanya mudah. Situs ini menjanjikan uang berjumlah besar dalam waktu yang singkat.

Pengguna Twitter @Bryantanadi mengatakan bahwa situs swagbuckssn.xyz merupakan salah satu scam. Ia mengatakan bahwa situs dengan domain “xys” cenderung berupa situs yang mengandung scam. Dan tentunya pemberian uang tidak mungkin dilakukan.

Swagbucks pada dasarnya memanglah sebuah situs. Dengan alamat Swagbucks.com. Situs ini juga memberi reward pada penguna setelah mereka setuju untuk melakukan hal-hal tertentu. Misalnya mengisi survey dan sebagainya. Namun ternyata, Swagbucks. com dan Swagbuckssn.xyz merupakan dua situs yang berbeda dan tidak saling berkaitan.

Perbedaan Swagbucks.com dengan Swagbuckssn.xyz

Situs Swagbucks.com merupakan situs sah yang beroprasi di Amerika Serikat. Situs ini menempati peringkat ke 320 dari seluruh web yang beroprasi disana. Pengguna Swagbucks.com juga mengaku mendapatkan reward dengan menyelesaikan tugas secara online. Situs ini juga merupakan situs profesional dan telah mencantumkan kebijakan privasi. Selain itu pengguna juga dilindungi karena mereka telah mematuhi kebijakan perpajakan AS.

Sayangnya, menurut pakar keamanan siber dari Vaksicom, Alfons Tanujaya ,situs Swagbucks.com hanya dapat dikunjungi oleh pengguna dari wilayah tertentu saja. Wilayah yang dapat mengakses Swagbucks.com antara lain Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Spanyol, United Kingdom, Portugal, Irlandia, Jerman, Selandia Baru, Australia, dan India.

Alfons juga meneruskan bahwa kemungkinan untuk masuk dan mendapatkan uang dari situs ini tetap ada. Namun nilai uang yang diperoleh oleh pengguna akan relatif kecil dan tergantung pada pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud adalah mereka yang memerlukandata dari hasil survey tersebut.

Sayangnya, berishnya situs Swagbucks.com disalah gunakan oleh swagbucksssn.com. Mereka seringkali melakukan scam “Mereka pintar, swagbucks.com nya bersih dan mengarahkan ke http://swagbuckssn.xyz yang melakukan aksi scam-nya,”. Untuk menghindari hal merugikan, Alfons menghimbau untuk segera meninggalkan situs swagbuckssn.xyz. Dan ia mempertegas bahwa situs ini tidak disarankan untuk digunakan.

Meski terbilang situs yang aman dan sah. Alfons menjelaskan bahwa swagbucks.com dapat dikategorikan sebagai  PUP atau Potentially Unwantes Program. Dimana, situs ini seringkali menggunakan fitur add-on pada browsernya. Dimana browser  dapat diambil alih kapan pun tanpa memerlukan izin dari pengguna. Kemudian akan mengubah hasil pencarian di search engine dan diarahkan ke situs-situs yang membayar Swagbucks.com.

Pengubahan hasil pencarian akan sangat menganggu pengguna komputer dan secara teknis dapat mengakibatkan kerugian finansial yang lebib besar lagi.  Kerugian akan semakin dirasakan oleh pengguna jika diarahkan menuju ke situs yang berisi malware. Dimana malware merupakan perangkat lunak berbahaya seperti virus.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *