3 Turis di Koh Samui Thailand Dinyatakan Positif Omicron
Health News

3 Turis di Koh Samui Thailand Dinyatakan Positif Omicron

Jalurmedia.com – Kasus subspesies baru, Omicron Covid-19, juga terjadi di Thailand. Tiga turis yang baru saja tiba di Teluk Koh Samui terdeteksi dengan penyakit itu.

Temuan Omicron yang dimuat di laman Thaiger pada Senin, 20 Desember 2021, berasal dari dua negara. Dua turis tersebut adalah warga negara Inggris dan satu dari Belgia.

Ketiganya adalah orang Inggris berusia 54 tahun, Belgia 55 tahun, dan Inggris 56 tahun. Tiga kasus baru tersebut adalah yang pertama di Provinsi Surat Thani serta di pulau-pulau resor. Ketiganya tiba dengan penerbangan terpisah Kamis lalu.

Kasus 1: Seorang wanita Inggris berusia 54 tahun datang bersama suaminya. Sejauh ini, dia memiliki konsekuensi negatif. Mereka tiba dari Inggris melalui BKK dan Bandara Singapura.

Kasus 2: Seorang Belgia berusia 55 tahun juga datang dari BPC Belgia melalui Uni Emirat Arab dan Singapura.

Kasus 3: Seorang pria Inggris berusia 56 tahun dari Inggris tiba di Koh Samui dengan penerbangan langsung dari Singapura.

Ketiganya tiba di Koh Samui di bawah program Test and Go. Setibanya di sana, mereka melaporkan memiliki gejala Omicron “ringan”. Disisi lain 49 anggota awak dan penumpang dites ulang ┬ásetelah penerbangan ke pulau itu karena dinilai berisiko tinggi. Delapan orang lainnya yang tinggal di hotel yang sama dengan turis yang terinfeksi pada saat kedatangan juga dites ulang.

Jalani Tes Ulang

Pejabat kesehatan Thailand mengatakan mereka akan menguji ulang orang berisiko tinggi dalam beberapa hari kedepan. Sementara di Thailand, karena meningkatnya jumlah kasus Omicron, sedang dilakukan diskusi tentang kemungkinan pembatalan skema non-karantina Test & Go.

Namun, setidaknya CCSA sedang meninjau daftar negara yang dianggap “berisiko rendah” Covid-19 dan apakah akan melarang turis dari negara-negara “berisiko tinggi”. Saat ini, wisatawan dari 63 negara berisiko rendah dirawat di rumah sakit di Thailand dalam program Test and Go.

Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan kementeriannya telah mengusulkan kepada CCSA untuk membatalkan program tersebut. Namun, turis yang divaksinasi dari negara yang disetujui dapat memasuki Thailand. Itu juga akan dikarantina pada malam hari ketika tiba setelah menunggu hasil tes.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *