4 Makanan Yang Terbuat Dari Singkong Dengan Cita Rasa Khas!
Food

4 Makanan Yang Terbuat Dari Singkong Dengan Cita Rasa Khas!

Jalurmedia.com РIndonesia terkenal sebagai negara yang memiliki sumber kekayaan alam dan hayati yang melimpah. Salah satunya adalah tanaman singkong. Singkong sendiri sangat digemari oleh masyrakat Indonesia karena banyak makanan tradisionalnya terbuat dari singkong. Hal ini tidak lain karena tanaman singkong sangat mudah untuk diolah menjadi beragam makanan.  Terutama pada bagian daun dan juga umbinya.

Di Indonesia, banyak masyarakat daerah justru membuat singkong menjadi bahan dasar makanan pengganti beras. Tidak heran nisa singkong juga sering dicari banyak orang. Lantas, apa saja sih makanan yang terbuat dari singkong yang bisa kamu coba di rumah?

Seperti diketahui, tanaman umbi-umbian merupakan satu dari ribua bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Tak heran bila singkong sering dijadikan sebagai bahan dasar pengganti nasi di sejumlah daerah di wilayah Indonesia. Karena jadi sumber karbohidrat, singkong juga dipercaya memberikan efek kenyang dengan cepat bagi para penikmatnya.

Singkong juga sering dioleh menjadi berbagai jenis makanan. Contoh saja seperti singkong rebus ataupun singkong goreng lengkap dengan sambal pedas manisnya. Selain dua olahan tersebut, rupanya masih banyak ragam olahan singkong lainnya yang memiliki cita rasa lezat nan unik. Berikut adalah beberapa olahan makanan yang terbuat dari singkong.

4 Makanan Yang Terbuat Dari Singkong

1. Combro

Combro merupakan salah satu makanan dibuat dengan bahan dasar singkong. Banyak orang mengatakan bahwa nama combro berasal dari kata “oncom di jero”. Arti dari kata tersebut adalah “oncom di dalam”.

Combro merupakan makanan khas tanah pasundan atau Sunda, Jawa Barat. Kudapan ini sendiri terbuat dari singkong parut yang didalamnya diberi oncom. Setelah dibentuk sedemikian rupa, combro kemudian digoreng hingga kering dan warna kecoklatan.

2. Tape

Tape atau peuyeum merupakan salah satu makanan berbahan singkong. Proses pembuatannya yaitu dengan teknik fermentasi. Untuk mendapatkan hasil yang enak dan maksimal, pembuatan tape singkong ini harus menggunakan ragi. Ragi sendiri berfungsi sebagai bahan fermentasi bagi singkong.

Melakukan fermentasi dengan bantuan ragi sangat diperlukan karena hal tersebut berguna untuk membuat tekstur singkong menjadi lembut. Selain itu, tape singkong yang difermentasi dengan ragi nantinya akan mengeluarkan rasa manis dan sedikit asam.

3. Gethuk

Gethuk merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari tanaman singkong. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis. Di antara jajanan tradisional lainnya, gethuk merupakan salah satu makanan yang bisa dibilang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, nama gethuk juga sempat dijadikan sebagai judul lagu yang sangat populer.

Cara membuat gethuk juga terbilang cukup mudah. Singkong direbus terlebih dahulu kemudian ditumbuk hingga halus. Pada umumnya, kudapan ini biasa disajikan dengan membubuhkan sedikit parutan kelapa. Gethuk juga menjadi jajanan yang sangat populer di Jawa Tengah dan juga Jawa Timur.

4. Tiwul

Tiwul merupakan olahan dari singkong berikutnya yang cukup populer. Makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Gunung kidul. Bahan utama dari kudapan ini adalah tepung gaplek.

Tepung gaplek dibuat dari bahan dasar singkong yang dikeringkan dan kemudian ditumbuk hingga halur dan teksturnya menyerupai tepung. Makanan ini juga memiliki cita rasa yang manis dan lezat.

Itu dia informasi mengenai makanan dari singkong dengan cita rasa lezat dan manis. Selain makanan yang disebutkan di atas, terdapat banyak olahan singkong lainnya yang dapat kamu coba dirumah. Contoh saja seperti cenil, lemet, sawut, kue mata roda, dan masih banyak lagi.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *