Kesalahan Teknis, PeduliLindungi Hilang Dari App Store
Health News

Kesalahan Teknis, PeduliLindungi Hilang Dari App Store

Jalurmedia.com – Aplikasi PeduliLindungi kembali meresahkan masyarakat. Pasalnya, aplikasi ini tiba-tiba menghilang dari App Store bagi pengguna Iphone atau sistem operasi iOS. Hilangnya aplikasi ini pada kolom pencarian masih berlangsung hingga Senin (21/2/2022) pukul 12.10 WITA.

Widyawati, selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kemudian membenarkan hal ini. Pihak Kemenkes RI beserta tim Kominfo RI kemudian bekerja sama untuk proses pemulihan PeduliLindungi pada sistem operasi iOS. Mereka mengatakan bahwa aplikasi ini telah menghilang dari App Store sejak Minggu (20/2/2022).

Menurut Widyawati, hal ini terjadi karena adanya masalah teknis sehingga aplikasi yang seharusnya bersifat publik menjadi privat. Karena sifatnya yang privat, aplikasi tidak dapat muncul di kolom pencarian App Store. Namun Widyawati memastikan bahwa hingga saat ini aplikasi PeduliLindungi masih berada di App Store.

Pihak Kemennkes dan Kominfo juga telah berkoordinasi dengan Apple US sejak hari Minggu untuk memperbaiki aplikasi PeduliLindungi. Namun pihak Apple meminta Kemenkes RI untuk mengunggah ulang aplikasi. Pihak Apple mengatakan bahwa mengembalikan status privat menjadi publik tak dapat dilakukan lagi. Sehingga satu-satunya jalan  adalah mengunggah ulang.

Kemenkes menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menunggu. Karena mereka memerlukan waktu dalam mempersiapkan proses reupload.  Tak hanya itu, kemenkes juga masih mencoba untuk mencari solusi lain.

Alternatif Bagi Pengguna App Store

Untuk menyikapi hal ini, Kemenkes melalui Widyawati kemudian memberikan beberapa solusi bagi pengguna App Store iOS untuk tetap bisa mengakses PeduliLindungi.

Salah satunya, masyarakat dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi melalui website App Store Preview di sini. Kemenkes juga telah memastikan bahwa, meskipun aplikasi ini sudah tidak dapat di temukan di App Store, aplikasi yang sudah ter-install pada ponsel tidak akan hilang begitu saja. Aplikasi PeduliLindungi yang telah ter-install akan tetap berada pada ponsel dan dapat digunakan sebagaimana mestinnya.

Aplikasi ini menjadi sangat penting karena digunakan sebagai syarat utama bagi masyarakat dalam beraktivitas di public space.  Belum lagi kini aplikasi PeduliLindungi berisi tiket untuk melakukan vaksin lanjutan. Masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran vaksinasi pada aplikasi ini.

Beberapa Kali Error.

Aplikasi PeduliLindungi juga sebelumy pernah menglami error. Kejadian ini terjadi pada awal Februari 2022. Dimana, banyak masyarakat yang mengeluhkan status PeduliLindungi mereka yang tiba-tiba saja berubah menjadi hitam. Padahal mereka belum terbukti Positif Covid-19 karena tidak melakukan tes. Mereka juga mengaku tidak melakukan kontak dekat dengan pasien.

Warna hitam pada status PeduliLindungi digunakan untuk menandakan seseorang yang sedang terinfeksi virus Covid-19. Mereka yang statusnya berwarna hitam juga dilarang untuk melakukan aktifitas di luar rumah. Dan melakukan isolasi baik mandiri maupun terpusat untuk menghindari adanya penularan lebih tinggi.

Hal ini membuat mereka menjadi sulit untuk melakukan aktifitas. Terlebih lagi hampir seluruh kegiatan yang dilakukan di luar rumah meminta “check in” PeduliLindungi sebagai syarat utama.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *