Google Ulang Tahun ke-23, Doodle Berbentuk Kue Yang Lucu!
News

Google Ulang Tahun ke-23, Doodle Berbentuk Kue Yang Lucu!

Jalurmedia.com – Senin (27/09/2021), Google Doodle terlihat menampilkan sebuah kue tart sebagai pemanis halaman pencarian Google. Sebelumnya, untuk merayakan dan memperingati  berbagai hari besar yang terjadi di dunia, Google memang terbiasa mengubah tampilan Doodle nya. Namun ada yang berbeda dengan bentuk Doodle kali ini. Rupanya google Doodle yang berbentuk kue tart manis ini ditampilkan untuk merayakan Google ulang tahun yang ke-23.

Nampak sesuatu yang unik juga terlihat dalam tampilan Doodle kali ini. Di atas kue tersebut, tertulis “Google” dengan warna pastel yang khas dengan perayaan ulang tahun. Selain itu kue tersebut juga dihiasi oleh coklat dan meses warna-warni.

Berulang kali Berganti Hari Jadi

Sebelumnya diketahui bahwa tanggal ulang tahun Google sebenarnya sempat beberapa kali berubah. Dikutip dari laman Wikipedia, Google secara resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Namun, saat merayakan ulang tahunnya yang ke-5 yang saat itu digelar pada tahun 2003, Google justru merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda. Tahun 2003 lalu, Google merayakan ulang tahunnya pada tanggal 8 September.

Selang satu tahun kemudian, ulang tahun Google yang ke-6 dirayakan kembali. Namun lagi-lagi, Google merayakannya di tanggal berbeda. 7 September 2004 dipilih sebagai waktu perayaan ulang tahun Google yang ke -6.

Tidak berhenti disitu, pada 2005, Google kembali merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda. Jika sebelumnya Google memilih tanggal 7 september, namun pada tahun 2005 tersebut, Google justru merayakan hari jadinya pada tanggal 26 September.

Lantas pada tahun 2006, Google menetapkan bahwa tanggal 27 September menjadi tanggal perayaan ulang tahunnya. Tanggal tersebut dipilih oleh Google sebagai hari jadinya dengan harapan  agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil terindeks oleh mesin pencarinya saat itu. Di laman Doodle miliknya, Google juga menampilkan beberapa aneka gambar Doodle yang pernah dipakai untuk memperingati ulang tahun sebelumnya.

Nama Google Terbentuk Dengan Tidak Sengaja

Sejarah singkat pendirian Google sendiri bermula dari pertemuan antara dua pendirinya. Kedua orang jenius tersebut ialah Sergey Brin dan Larry Page. Sementara itu, nama “Google” sendiri justru lahir dengan tidak sengaja.

Awalnya, Page dan Brin hanya ingin memberi nama “Googol”. Nama ini diambil dari istilah matematika untuk angka “1” yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini juga awalnya dipilih untuk menjelaskan misi Google, yaitu sebagai gudang milyaran informasi yang tak memiliki batas di internet.

Namun kejadian tidak sengaja terkait penamaan Google justru saat itu. Para investor yang mempercayakan investasinya pada Google salah mengeja nama Googol menjadi Google. Mereka juga  terlanjur menuliskannya dalam cek dan berbagai dokumen.

Hal tersebutlah yang membuat Page dan Brin akhirnya “terpaksa” menggunakan nama Google untuk teknologi mesin pencari mereka. Tidak disangka ketidaksengajaan nama yang terbentuk pada masa itu justru mengantarkan mesin pencarian mereka menjadi mesin pencarian terpopuler di Dunia saat ini.

Hingga saat Google ulang tahun ke-23 hari ini, di laman Google Doodle terdapat miliaran pencarian di Google. Disebutkan pula bahwa terdapat lebih dari 150 bahasa yang dilakukan pengguna internet di seluruh dunia. Dahulu disebutkan bahwa server pertama Google ditempatkan pada sebuah lemari yang terbuat dari balok mainan. Namun kini, dengan adanya miliaran pengguna di seluruh dunia, Google memiliki lebih dari 20 pusat data yang terkoneksi dengan baik  di seluruh dunia.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *