News

Daftar 5 Menteri Era Jokowi yang Hartanya Naik Versi LHKPN KPK

Jalurmedia.comKPK telah merilis hasil analisis laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) selama tahun 2019-2020. Salah satu indikatornya adalah mencari tahu apakah kekayaan dari para pejabat negaraatau menteri era Jokowi justru makin naik, turun atau bahkan tetap selama masa pandemi.

Hasilnya, 70,9% harta kekayaan dari para pejabat negara mengalami kenaikan selama 1 tahun masa pandemi. Sementara, 22,9% dari pejabat negara justru mengalami penurunan harta kekayaan yang dimiliki. Disisi lain, sebanyak 6,8% pejabat negara memiliki jumlah hrta kekayaan yang tetap selama satu tahun.

Berkaca dari temuan tersebut, Kami mencoba untuk melakukan pengecekan jumlah harta kekayaan dari para menteri dan wakil menteri era Jokowi dan Ma’ruf Amin. Hasilnya, ditemukan terdapat lima anggota kabinet yang mengalami peningkatan jumlah harta selama pandemi.

Siapa saja Menteri Jokowi yang masuk daftar ini?

Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu Sakti Trenggono

Menteri Kelautan dan Perikanan menjadi menteri era Jokowi yang mengalami peningkatan harta terbesar selama pandemi. Jika dibandingkan dari jumlah harta yang Ia miliki dari 2019 ke 2020, selisihnya sangat jauh. Menteri Era Jokowi ini memiliki selisih julmlah harta mencapai sekitar Rp 481 M. Harta tanah dan bangunan di tahun 2020 naik sebanyak kurang lebih Rp. 3 miliar dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2019 yang hanya sekitar Rp. 54 M

Luhut Binsar Panjaitan

Luhut Binsar Panjaitan

Menko Luhut Binsar Panjaitan menjadi menteri di kabinet Jokowi dengan penambahan kekayaan terbesar kedua setelah MKP. Selisih angka dari harta kekayaan yang menko Luhut miliki dari dari 2019 ke 2020 yakni sekitar Rp 67 miliar. Kepemilikan Tanah dan bangunan serta surat berharga memiliki peningkatan yang signifikan. 

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi yang ketiga di kabinet Jokowi dengan penambahan kekayaan selama pandemi. Terhitung sejak tahun 2019 hingga tahun 2020, kekayaan Prabowo bertambah yakni sekitar Rp 23 miliar. Penambahan kekayaan dari tahun 2019 ke 2020 paling banyak adalah pada kepemilikan tanah dan bangunan.

Johnny G Plate

Johnny G Plate

Menkominfo Johnny G Plate menjadi yang menteri keempat di kabinet Jokowi dengan penambahan kekayaan terbesar. Hal ini terhitung sejak tahun 2019 ke 2020. Penambahan jumlah kekayannya trerhitung mencapai sekitar Rp 17 miliar. Data ini tentu didapatkan setelah melakukan perbandingan pada harta yang dimiliki pada tahun 2019 hingga 2020.

Suharso Manoarfa

Suharso Manoarfa

Menteri PPN/Bappenas Suharso Manoarfa menjadi menteri kelima di kabinet Jokowi dengan penambahan kekayaan terbesar. Jika membanduingkan jumlah harta kekayaan yang ia miliki di tahun 2019 dan tahun 2020, yselisihnya mencapai Rp 9 miliar.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *