News

Cegah Cacar Monyet, Kemenkes Sarankan Hal Ini

Jalurmedia.com – Cegah cacar monyet, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terus mengimbau warga untuk mewaspadai kemungkinan infeksi cacar monyet. Salah satu peringatan yang diberikan adalah untuk menjauh dari orang-orang dengan bintik-bintik seperti cacar.

Selain itu, ada satu kasus terkonfirmasi cacar monyet di antara dua warga Depok yang diduga pernah kontak dekat dengan pasien tersebut.

Budi mengatakan pada Selasa (23/8) di Istana Kepresidenan Jakarta, “Saya punya satu teman yang memiliki bintik-bintik seperti cacar lagi karena ada satu kasus di Indonesia. Jangan terlalu dekat.

Menteri Kesehatan Budi juga mengatakan bahwa monkeypox dapat ditularkan melalui kontak fisik. Berbeda dengan COVID-19 yang ditularkan melalui udara. Penularan fisik monkeypox jika terlihat seperti bercak cacar dan memiliki cairan.

 

Jauhi orang-orang dengan bintik-bintik cacar

“Kalau kita teman kita kena cacar monyet. Kalau sudah begitu, pasti dia bisa menularkan. Kalau dia masih sehat, kita akan dekat. Tapi kalau sudah kena cacar monyet, kita tetap dekat. Ya , itu salah kita sendiri,” kata Budi Sadikin.

Menurut Budi, cacar monyet sendiri ada dua versi, satu di Afrika Barat dan satu di Afrika Tengah. Dimana salah satunya memiliki dampak yang kuat.

“Mudah-mudahan ngga kebalik, tetapi orang Afrika Barat memiliki angka kematian yang lebih rendah daripada orang Afrika Tengah. Alhamdulillah virus yang lagi banyak beredar dari Afrika Barat,” kata Budi.

 

Temuan dua orang yang memiliki kontak dekat dengan pasien

Kementerian Kesehatan RI telah mengkonfirmasi bahwa salah satu warga Jakarta telah terinfeksi monkeypox. Sementara itu, dua warga Depok diduga pernah kontak dekat dengan seorang warga yang dipastikan mengidap monkeypox.

Dua orang warga Kota Depok yang pernah kontak dekat dengan kasus monkeypox sudah diperiksa dan dipantau di DKI Jakarta. Namun, Dinas Kesehatan Kota Depok belum menemukan informasi lengkap mengenai identitas dan alamat dua orang yang pernah melakukan kontak dekat tersebut.

 

Ciri-ciri cacar monyet

Untuk mencegah penyebaran cacar monyet, penting untuk mengetahui ciri-ciri berikut:

– sakit kepala

– demam akut

– pembesaran kelenjar getah bening

– nyeri otot

– kelemahan tubuh

– lesi cacar yang dimulai sebagai ruam dan akhirnya terisi dengan cairan

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *