Manfaat Selada: Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Cegah Kanker
Food Health Lifestyle

Manfaat Selada: Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Cegah Kanker

Jalurmedia РSelada merupakan sayuran berwarna hijau yang seringkali digunakan sebagai lalapan. Beberapa makanan khas Indonesia seperti asinan dan gado-gado juga menggunakan selada sebagai bahan pelengkapnya. Namun tahukah kamu, ternyata sayur  ini memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk tubuhmu?.

Selada Menjaga Kesehatan Organ

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Sayur ini memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein di dalam darah. Dimana, jika kadar homosistein terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah pada jantung. Contohnya penyumbatan pembuluh darah. Dengan mengosumsinya secara rutin, kamu dapat terhindar dari resiko penyakit struk dan penyakit arteri koroner
  2. Baik untuk mata
    Selada mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit mata seperti glaukoma, katarak dan menurunnya kemampuan pengelihatan akibat proses penuaan. Selain itu, kandungan vitamin A juga dapat membantu menjaga sel-sel imun di dalam tubuh sehingga dapat mencegah virus dan bakterdi penyebab penyakit. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa vitamin A mampu meredakan infeksi, peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Sehingga, mengkosumsi vitamin A secara tidak langsung dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Contohnya diare dan influenza.
  3. Menjaga kepadatan tulang
    Tak hanya vitamin K, sayuran ini juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sehingga, dengan rutin mengosumsi makanan yang mengandung vitamin K akan sangat bermanfaat dalam mecegah pengeroposan tulan, osteopenia hingga osteoporosis.

Mencegah Penyakit Berbahaya

  1. Mengontrol tekanan darah
    Selada juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Dimana kalium memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Dengan terjaganya tekanan darah, resiko penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke dapat berkurang. Selain itu, kalium juga memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kerja otot jantung saat memompa darah. Tak hanya kalium, selada juga mengandung mineral lain seperti magnesium dan folat yang memiliki fungsi untuk melancarkan aliran darah.
  2. Mencegah Kangker
    Kandungan lain yang terdapat dalam sayuran berbagai manfaat ini adalah antioksidan (antosianin, betakaroten dan vitamin). Antioksidan berperan penting dalam memperkuat fungsi sel-sel tubuh. Selain itu, antioksidan juga memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kerusakan ini dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.
  3. Mencegah komplikasi kehamilan
    Dengan kandungan folatnya yang tinggi, selada mampu menekan resiko lahir cacat pada janin. Selain itu, vitamin K pada sayur ini juga dapat mencegah terjadinya pendarahan setelah persalinan. Karena mampu mengubah tekstur darah yang cair menjadi lebih kental.

Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C yang dimiliki selada baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dimana, kekurangan vitamin A dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata.

Dan kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat keriput, kendur dan kusam. Dengan mengosumsi selada, tak hanya menjaga kesehatan organ didalam tubuh, secara tidak langsung kamu juga menjaga kesehatan kulitmu.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *