Jericho, Palestina
Lifestyle

Daftar Kota Tertua di Dunia Yang Harus Kamu Tahu!

Jalurmedia.com – Ahli geografi dan sosiolog Alfred Weber berkata bahwa peradaban mengacu pada pengetahuan praktis dan intelektual. Budaya dapat berupa seperangkat nilai, prinsip, standar, atau bahkan ide yang unik. Ciri umum peradaban adalah pelaksanaan pembangunan perkotaan dengan rencana tata guna lahan yang sangat baik, indah dan modern. Dikutip dari IDNTimes, kelima kota tertua ini didirikan pada masa-masa awal peradaban dunia. Peradaban manusia memiliki bangunan desain kuno yang indah. Beberapa bangunan asli di kota telah dihancurkan dan kemudian telah dibangun kembali. Namun masih dapat ditemukan sisa-sisa bangunan tua sejak kota ini dibangun. 

Daftar Kota Tertua di Dunia

1. Jericho, Palestina

Jericho, Palestina

Tanggal pasti pendirian kota Jericho tidak diketahui. Namun, diyakini bahwa Jericho sebagai kota tertua di dunia. Bukti dari penggalian arkeologis menunjukkan bahwa pemukiman tertua di daerah tersebut berasal dari tahun 9600 SM hingga 9000 SM atau bahkan lebih dulu.

Tembok Jericho adalah salah satu penemuan arkeologi terbesar di Jericho. Tembok ini dianggap sebagai tembok tertua di dunia karena telah dibangun sekitar 8000 SM.

Sepanjang sejarah, Jericho telah diduduki dan dihuni oleh berbagai kelompok. Itu juga disebutkan dalam Alkitab. Selama waktu ini, Israel menduduki Jericho setelah perang tahun 1967 dan kemudian mengirimkannya ke Palestina sebagai bagian dari Perjanjian Oslo yang ditandatangani pada tahun 1993.

2. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv, Bulgaria

Terletak di benua Eropa, kota ini didirikan dan juga dihuni pada periode Neolitik dari 6000-4000 SM. Bahkan saat ini, 347.130 orang masih  tinggal di kota ini. Tak heran jika kota ini menjadi salah satu kota berpenghuni tertua di Eropa.

Menurut HuffPost, kota Plovdiv awalnya dihuni oleh penduduk Trake. Pada saat itu Raja Makedonia II pada tahun 342 SM dan ditaklukkan oleh Filipus. Karena penaklukan ini, nama kota diubah menjadi Philippolis.

Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi ketika mampir ke kota ini adalah Teater Romawi Plovdiv, Stadion Romawi Plovdiv, Philippopolis Kuno, dan Museum Etnografi.

3. Aleppo, Suriah

Aleppo, Suriah

Aleppo masih menjadi salah satu kota berpenghuni tertua di dunia. Kota ini juga menjadi ibu kota Suriah utara, dengan 4,6 juta warga Suriah tinggal di sana pada tahun 2010.

Menurut Britannica, sejarah Aleppo tetap tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa kota itu dibangun sebelum pembangunan piramida Mesir. Pemukiman itu sendiri diperkirakan sudah ada sekitar 12.500 tahun yang lalu. Pada tahun 1986, kota ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

4. Athena, Yunani

Athena, Yunani

Mereka yang menyukai mitologi Yunani pasti tahu nama kota ini. Ya, nama kota tersebut berasal dari nama dewi kebijaksanaan dari mitologi Yunani yakni Athena. Dilaporkan bahwa ada konflik berkepanjangan antara Athena dan Poseidon.

Di turnamen ini mereka harus memberikan sesuatu kepada seseorang. Namun, pemberian dewi Athena berupa pohon zaitun dianggap lebih berharga daripada pemberian dewa Poseidon berupa mata air asin. Pada akhirnya, berdasarkan perjanjian ini, nama dewi Athena digunakan sebagai nama kota.

Kota ini mendapat julukan “Kota Para Dewa” karena demokrasi pemerintahan pertama kali muncul di dunia. Jika Anda mengunjungi Yunani, kunjungi Parthenon, salah satu landmark kota.

5. Byblos, Lebanon

Byblos, Lebanon

Menurut penelitian arkeologi, Byblos adalah salah satu kota tertua di dunia. Sejak 8800 SM Zaman Neolitikum. Dia hidup sampai 7000. Byblos telah diperintah oleh banyak kekuatan asing sejak pemukiman pertama muncul.

Menurut legenda, Byblos dibangun oleh Cronus sebagai kota bagi orang Fenisia pertama. Byblos menjadi pusat perdagangan penting di Mesir kuno. Kota itu merupakan pengekspor penting biji-bijian dan kayu berharga ke Mesir.

Alfabet Fenisia dikembangkan oleh Byblos, dan hampir semua alfabet Fenisia paling awal diketahui berasal dari wilayah ini. Byblos dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *