Saingi Twitch, TikTok Merambah Fitur Live Streaming
Technology

Saingi Twitch, TikTok Merambah Fitur Live Streaming

Jalurmedia.com –¬†TikTok diketahui sedang menguji coba aplikasi terbaru milik mereka yang dapat digunakan untuk live streaming game. Aplikasi tersebut diberi nama TikTok Live Studio, yang nantinya akan bersaing dengan Twitch, salah satu aplikasi streamer game yang sangat populer.

TikTok Masuki Dunia Live Streaming

TikTok Live Studio yang saat ini sedang dikembangkan untuk desktop memungkinkan para pengguna untuk menyiarkan game mereka dan aplikasi desktop lainnya secara live. Dalam wawancaranya dengan TechCrunch, pihak TikTok mengatakan bahwa aplikasi ini baru tersedia di pasar Barat untuk beberapa ribu pengguna.

TikTok Live Studio juga disebut dapat membawa pembaruan bagi strategi live streaming TikTok yang mulanya hanya ada di perangkat seluler, menjadi lebih luas. Pengguna aplikasi TikTok dapat meluas dan memasuki ranah streaming game untuk bersaing dengan sejumlah pemain lama, yakni seperti Youtube Gaming, Facebook Gaming, dan Twitch.

Zach Bussey, salah seorang pengguna Twitch, mengunggah beberapa tangkapan layar Tiktok Live Studio di Twitternya. Menurutnya, saat ini aplikasi tersebut berada dalam status barebone atau masih berada di tahap awal pembuatannya.

Aplikasi ini diketahui mendukung streaming dalam mode portrait dan landscape. Tidak hanya itu, TikTok Live Studio juga dapat menarik cuplikan dari game, kamera, program individual, dan perangkat seluler.

Dikutip dari Tech Crunch, setelah diunduh ke komputer, program ini memungkinkan pengguna untuk masuk dengan akun TikTok mereka. Ini juga memungkinkan mereka melakukan streaming secara langsung ke TikTok Live.

Dalam program tersebut, para pengguna dapat berkomunikasi dengan penontonnya melalui fitur obrolan. Pengguna juga dapat menyiarkan konten mereka dari komputer, ponsel, maupun konsol game.

Sebelumnya Menggunakan Pihak Ketiga

Sebelumnya, pengguna memang dapat melakukan live streaming dari perangkat desktop ke TikTok melalui aplikasi pihak ketiga seperti Streamlabs. Namun aplikasi ini disebut memiliki sejumlah keterbatasan.

Terdapat juga beberapa tutorial yang memberikan informasi live streaming dengan pihak ketiga, seperti Loola.tv, sebagai salah satu cara untuk menghubungkan TikTok dengan program streaming seperti OBS.

Namun cara tersebut juga disebut tidak sempurna. Pada bulan Juli 2021, halaman bantuan Loola.tv menjelaskan bahwa streaming TikTok saat ini sedang dinonaktifkan untuk sebagian besar penggunanya.

The Verge juga mengunggah di halaman websitenya bahwa belum ada kepastian dari TikTok mengenai pengujian yang lebih luas untuk Live Studio. Namun apabila aplikasi tersebut sudah tersedia secara luas, program ini akan membawa lebih banyak pilihan pada dunia live streaming.

Jika kita melihat kesuksesan TikTok saat ini, aplikasi streaming yang sedang dikembangkannya pun berpotensi untuk mengalami keberhasilan yang sama. Terlebih apabila mereka menawarkan kemudahan monetisasi bagi para streamer pemula.

Hal tersebut mengacu pada ketatnya aturan monetisasi pada platform lain. Mereka mengharuskan para streamer untuk memenuhi sejumlah persyaratan yang cukup berat. Itulah yang menjadi keluhan para streamer pemula yang ingin memulai.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *