Canggih, 7 Teknologi Ini Tercipta di Indonesia
Technology

Canggih, 7 Teknologi Ini Tercipta di Indonesia

Jalurmedia.com РIndonesia terkenal dengan keunikan masyarakatnya yang mampu memukau negara lain. Bahkan masyarakat Indonesia dapat menghasilkan berbagai macam teknologi canggih yang diakui dan digunakan di luar negeri. Ada sekitar 7 teknologi yang berhasil diciptakan di Indonesia. Walau masih ada teknologi yang belum  bisa digunakan sepenuhnya, Indonesia dipastikan sudah memiliki hak tetap atas teknologi tersebut.

Berikut adalah 7 teknologi asli buatan Indonesia. Simak artikel ini selengkapnya!

7 Teknologi Yang Tercipta di Indonesia

1. Jaringan 4G

Jaringan 4G merupakan teknologi berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dan sudah dikenal banyak orang di seluruh dunia. Teknologi canggih ini digunakan untuk kebutuhan smartphone. 4G dikenal lebih cepat dan stabil dalam transfer data dibandingkan jaringan 3G. Teknologi ini dikembangkan oleh Khairul Anwar, yang dibuka pada tahun 2010.

2. Pesawat N250

Indonesia juga memiliki teknologi unggulan berupa pesawat terbang yang diluncurkan oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada tahun 1995 dan kini bernama PT Dirgantara Indonesia.

Industri ini sebelumnya dijalankan oleh almarhum B.J. Habibi yang merancang pesawat komuter untuk wilayah Turboprom dan bekerja dengan 20 insinyur penerbangan Indonesia. Pesawat ini bernama Gatotkaca dan dapat mengangkut 50-70 penumpang.

3. Rumus Matematika Helmholtz

Rumus ini ditemukan oleh seorang dosen Institut Teknologi Bandung yang sedang berusaha mendapatkan gelar PhD dari Delft University of Technology di Belanda pada tahun 2005.

Penemuan ini membantu perusahaan minyak menghemat waktu mencari sumber minyak di perut bumi. Selain itu, rumus ini dapat digunakan dalam teknik bawah air, penerbangan, dan sistem radar.

4. Teknologi Sosrobahu

Penemuan ini dilakukan oleh para ilmuwan Indonesia yang seharusnya menjadi bahan bantalan untuk jalan layang. Teknologi ini digunakan di berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura. Penemuan teknologi Sosrobahu bisa bertahan hingga waktu satu abad.

5. Pondasi Cakar Ayam

Fondasinya dikenal oleh para pembangun dan ditemukan oleh para ilmuwan Indonesia sekitar tahun 1961. Pondasi ini membantu mengurangi tekanan berat bangunan di atas tanah. Kekuatan pondasi ini mencapai 75 persen dibandingkan dengan pondasi lainnya. Pondasi ini telah digunakan di Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Belanda, dan Inggris.

6. Wadah Limbah Nuklir

Wadah ini terbuat dari bahan titanium yang dapat menyimpan limbah nuklir yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Teknologi ini ditemukan di Universitas Gajamada. Namun sayangnya Indonesia tidak memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir sendiri, sehingga penemuan tersebut tidak digunakan. Namun Indonesia dan Amerika Serikat sudah memiliki hak tetap.

7. Radar Penjaga Pantai

Penemuan ini dilakukan oleh seorang ilmuwan Indonesia yang bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Teknologi ini berguna dalam bidang transportasi khususnya pelayaran. Selain itu, teknologi ini membantu dengan bantuan pertahanan dan keamanan.

Itulah tadi teknologi-teknologi canggih yang tercipta di Indonesia. Sudahkah Anda mengetahuinya?

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *