Health News

Lakukan Cara Ini Untuk Bedakan Gejala Flu dan Covid-19

Jalurmedia.com – Gejala Covid-19 disebut lebih mudah menular, terutama disebabkan oleh varian Omicron XBB. Namun infeksi subvarian ini biasanya disertai dengan gejala ringan. Gejala subvarian Omicron XBB juga dikatakan menyerupai flu biasa. Gejala yang mungkin dialami pasien biasanya meliputi sakit tenggorokan, demam, batuk, lemas, dan nyeri otot.

 

Jadi bagaimana Anda membedakan flu biasa dari Covid-19?

Praseno Hadi, dokter spesialis paru di Rumah Sakit Persahabatan, mengatakan cara termudah untuk memastikan Anda terpapar Covid-19 atau hanya flu biasa adalah dengan melakukan tes. Ia menyarankan, jika pasien merasa ada yang tidak beres dengan tubuhnya, mereka akan menjalani tes PCR.

“Cara paling mudah cek PCR. Kalau ragu, flu, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), dll. Melalui tes tersebut akan terlihat,” kata Praseno dalam jumpa pers yang disiarkan BNPB di YouTube, Rabu lalu (16/11).

Namun, dia tidak menganjurkan pasien menjalani tes antigen. Ini karena hasil tes antigen biasanya tidak terlalu akurat.

Dalam beberapa kasus, pasien diketahui positif Covid-19, padahal hasil swab antigen negatif, lanjutnya.

“Mungkin sebaliknya. Kalau PCR negatif, hasil antigennya positif. Makanya harus PCR dari awal,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa jika Anda merasa memiliki gejala seperti flu tetapi khawatir tertular Covid-19, skrining jauh lebih baik daripada menebak-nebak.

“Kalau ada keluhan, PCR standar diagnosisnya, karena gejalanya [Covid-19] berbeda. Sebenarnya ada juga yang diare. Sebaiknya PCR segera,” ujarnya.

Terkait hal itu, Praseno juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan segera memenuhi persyaratan vaksinasi untuk dosis ketiga. Walaupun vaksin tidak dapat mencegah infeksi Covid-19, namun tingkat keparahan penyakit dapat dikurangi.

Selain vaksinasi, protokol kesehatan seperti cuci tangan, penggunaan masker, dan menghindari kerumunan harus diikuti. Ia mengimbau masyarakat tidak terpaku pada jumlah kasus yang saat ini melonjak bisa ditekan kembali.

“Jangan lengah. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di keramaian. Tetap ikuti protokol kebersihan dan selesaikan ketiga vaksinasi tersebut,” jelasnya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *