News

Spanyol Dilanda Kebakaran Hutan, 30 Hektare Dikabarkan Hangus

Jalurmedia.com – Kebakaran hutan terjadi pada Minggu (19/6) di Spanyol, saat Eropa Barat tengah dilanda gelombang panas.

Faktor ini mengakibatkan lebih dari 30.000 hektar hutan terdampak bencana di Provinsi Zamora. Kebakaran itu sendiri dipicu dari kawanan pegunungan Sierra de la Culebra.

Menurut Associated Press, penyebab kebakaran adalah sambaran petir pada Rabu (15/06). Setelah itu, api meluas dan kereta api berkecepatan tinggi dari Madrid ke barat laut Spanyol ditutup pada Sabtu (18/6).

Selain itu, kebakaran ini diperparah oleh suhu di beberapa kota di Spanyol, yang melebihi 40 derajat Celcius dalam seminggu.

Akibat bencana ini, pemadam kebakaran Spanyol dikerahkan di Zamora, Navarra dan Lleida.

Sejauh ini, tidak ada korban yang dilaporkan. Namun, api berhasil mencapai pinggiran beberapa desa di Zamora dan Navarra.

Banyak video yang diambil oleh penduduk, menunjukkan bahwa ada api di sisi jalan. Di beberapa desa, penduduk tampak putus asa melihat asap hitam mengepul dari bukit sebelah.

Tak hanya itu, pihak berwenang harus mengevakuasi sekitar 25 desa sebagai tindakan pencegahan. Mereka juga mengimbau petani untuk berhenti menggunakan alat berat yang dapat menyebabkan kebakaran.

“Situasi saat ini masih sulit. Ada beberapa kebakaran besar karena suhu tinggi dan angin kencang,” katanya.

 

Remiles juga mengatakan api telah merusak beberapa bangunan di pinggiran desa.

Selain itu, beberapa satwa liar harus mengungsi dari taman safari Navarra. Para pejabat mengatakan hewan-hewan itu dievakuasi ke kandang sapi untuk keselamatan.

Selain Zamora dan Navarra, api juga menelan kawasan Catalonia, yakni cagar alam Lleida, Tarragona, dan Garaf.

Menurut pertugas pemadam, 2.700 hektar lahan terbakar di Lleida. Mereka juga mengatakan mereka sedang menyelidiki lebih dari 200 kebakaran hutan di Catalonia selama seminggu terakhir.

Pada Senin (20/06), pesawat darurat juga perlu dilibatkan dalam memadamkan api, hal ini disampaikan Reuters. Pesawat menyiram kawasan yang terbakar dan mencegah api menyala lagi.

“Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada lagi kebakaran, penyiraman terus berlanjut. Kondisi cuaca membaik dan tim darat dan penerbangan masih aktif,” kata Layanan Lingkungan Spanyol.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.