Ini Isi Obrolan Jokowi dan Elon Musk!
Ekonomi News

Penasaran? Ini Isi Obrolan Jokowi dan Elon Musk!

Jalurmedia.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan bos SpaceX, Elon Musk, berbicara soal potensi kerja sama masa depan. Hal ini dilakukan saat Jokowi dan Elon Musk saat berkunjung ke markas SpaceX Boca Chica Texas pada Sabtu (14/5/2022) siang waktu setempat.

Tindak Lanjut Kerjasama

Menurut Jokowi, kunjungannya kali ini merupakan tindak lanjut perintahnya pada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan. Sebelumnya Menkomarves juga berbicara dengan Elon Musk dalam kunjungan sebelumnya. Keduanya juga smepat juga berdiskusi soal kerja sama yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

“Tindak lanjut perintah saya itu untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi. Juga mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ungkap Jokowi dalam keterangannya, dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (17/5/2022).

Sejalan dengan pernyataan Jokowi, Elon Musk juga mengaku siap menjajaki kerja sama dengan Indonesia. Menurutnya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam banyak bidang. Sehingga bukan tidak mungkin bagi dirinya untuk melakukan kerjasama dalam bidang apapun.

“Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ungkap Elon Musk.

Pembahasan kerja sama anatara Indonesia dengan Elon Musk selaku pemilik perusahaan Tesla dan Space-X sebenarnya bukanlah hal baru. Sebelumnya     pada akhir 2020 lalu, Jokowi bersama Luhut pernah menelepon miliarder dan pengusaha itu untuk berdiskusi terkait peluang investasi pada perusahaan mobil listrik Indonesia.

Kedua pihak juga bertukar pandangan soal industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu Jokowi mengajak Elon Musk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX.

Kala itu, Elon Musk menanggapi undangan Jokowi dengan rencana mengirimkan timnya pada Januari 2021. Namun tak berselang lama, Tesla dilaporkan membangun pabrik di India dan melakukan kesepakatan dengan perusahaan tambang nikel di Australia.

Elon Musk Siap Kunjungi RI

Pertemuan Jokowi dan Elon Musk ini terjadi saat Jokowi mengunjungi Gedung Stargate SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat. Kunjungan dilakukan pada Sabtu (14/5/2022). Momen kunjungan ini diunggah dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam dipadu sneakers sebagai alas kakinya, didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan.

Orang nomor satu Republik Indonesia ini disambut langsung oleh Elon Musk. Jokowi dan rombongan pun langsung masuk ke ruangan. Jokowi dan Elon Musk tampak berbincang santai. Selanjutnya, Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX ditemani Elon Musk.

Elon Musk menjelaskan sisi-sisi roket SpaceX kepada Jokowi. Disebutkan roket tersebut memiliki panjang 50 meter dengan diameter sembilan meter.

“Ini adalah sayap belakang dan kemudian sayap depan berada jauh di atas sana, dan ini memiliki panjang 50 meter dan diameter sembilan meter,” kata Elon Musk.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *