Dirjen Kemendag Jadi Tersangka Mafia Minyak Goreng. Apa kata Presiden?
Ekonomi News

Dirjen Kemendag Jadi Tersangka Mafia Minyak Goreng. Apa kata Presiden?

Jalurmedia.com – Kejaksaan Agung telah menetapkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan IWW sebagai tersangka kasus mafia minyak goreng. IWW resmi menjadi salah satu dari empat tersangka dalam Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Pemberian Fasilitas Ekspor Crude Palm Oil (CPO/ minyak sawit mentah) dan Turunannya. Tindakan tidak terpuji ini telah dilakukan oleh IWW dan sekutunya sejak bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022.

Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka

IWW secara resmi ditetapkan menjadi tersangka bersama 3 orang lainnya. Ketiga tersangka tersebut merupakan orang-orang yang berasal dari perusahaan produsen/ eksportir minyak sawit (CPO dan turunannya). Ketiga orang tersebut yaitu MPT selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, SM selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Group (PHG), dan PTS selaku General Manager di Bagian General Affairs PT Musim Mas.

Akibat putusan Kejaksaan Agung tersebut, Presiden Jokowi pun merespons langkah yang diambil oleh pihak penegak hukum tersebut.

“Oleh karena itu, terkait dengan penyidikan oleh Kejaksaan Agung atas kasus minyak goreng, saya meminta agar aparat hukum bisa mengusut permainan para mafia minyak goreng ini sampai tuntas,” ungkap Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, Rabu (20/4).

Jokowi juga menyebutkan bahwa saat ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi persoalan minyak goreng. Beberapa diantaranya adalah adanya beragam kebijakan seperti penetapan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah dan subsidi ke produsen.

Namun, Jokowi juga menyebutkan bahwa ekosistem perdagangan di pasar belum sepenuhnya dapat mendukung kebijakan yang ia buat. Masih banyak ditemukan minyak curah yang dijual belum sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

“Meskipun pemerintah telah memberikan subsidi BLT Minyak Goreng, saya berharap harga minyak goreng yang saat ini tinggi bisa kembali mendekati normal,” ungkapnya lebih lanjut.

Penyebab Harga Minyak Goreng Masih Tinggi

Jokowi menjelaskan terkait alasan utama dari harga minyak goreng yang masih tinggi. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menerangkan bahwa harga minyak mentah yang beredar di pasar internasional masih sangat tinggi. Dengan kondisi tersebut, banyak produsen dalam negeri cenderung ingin mengekspor bahan bakunya yaitu CPO dan produk turunannya termasuk minyak goreng.

Burhanuddin saat jumpa pers Selasa, 19 April 2022 mengatakan, setelah melakukan penyelidikan menyeluruh berdasarkan Surat Perintah No Print 13/F.2/Fd.1/03/2022 tanggal 14 Maret 2022, maka pada 4 April 2022 berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus No Prin-17/F.2/Fd.2/04/2022 tanggal 04 April 2022, Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Pemberian Fasilitas Ekspor CPO dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022 telah di tingkatkan ke tahap Penyidikan.

Tersangka Lakukan Pemeriksaan

Dengan dikeluarkannya surat perintah tersebut, Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Dalam pemeriksaan tersebut ditemukan alat bukti permulaan yang cukup untuk menjerat para tersangka. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan terhadap 19 orang saksi, 596 dokumen dan surat terkait lainnya. Tidak lupa Kejaksaan Agung juga turut menyertakan keterangan para ahli.

“Dengan telah ditemukannya alat bukti cukup, yaitu minimal 2 alat bukti, sebagaimana dimaksud dalam pasal 184 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, maka pada hari ini, Selasa, 19 April 2022, Jaksa Penyidik telah menetapkan tersangka perbuatan melawan hukum,” ungkap Jaksa Agung dalam keterangan pers nya, seperti yang dikuti dari CNBC Indonesia, Kamis (22/04/2022).

Sampai berita ini diturunkan, total tersangka mafia minyak goreng ditetapkan sebanyak 4 orang. Namun Kejaksaan Agung menambahkan bahwa masih ada kemungkinan adanya penambahan tersangka dalam kasus ini.

Terhitung sejak 19 April hingga 20 hari ke depan, keempat tersangka mafia minyak goreng ini langsung ditahan untuk melanjutkan proses hukum yang ditetapkan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *