Fitur Pengawasan Akun Anak Bagi Orang Tua Bagi Pengguna Instagram
Lifestyle Technology

Fitur Pengawasan Akun Anak Bagi Orang Tua Bagi Pengguna Instagram

Jalurmedia.com – Instagram memperkenalkan fitur baru yang dinamakan ‘parentel supervision tools’ untuk melacak akun yang diikuti anak.

Adam Mosseri selaku Bos Instagram, mengatakan fitur itu akan memungkinkan orang tua dan walinya untuk lebih terlibat dalam pengalaman dan aktivitas online anak-anak mereka.

“Hari ini, kami memperkenalkan alat pengawasan baru di Instagram dan peluncuran Family Center kami. Tempat baru bagi orang tua/wali untuk lebih terlibat dalam pengalaman atau aktivitas online bagi anak-anak mereka,” tulis Adam Mosseri dalam sebuah cuitan, pada Rabu (16/3).

Dengan rilisnya fitur tersebut membuat instagram memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan orang tua untuk memantau aktivitas online anak-anak mereka.

Fitur-fitur tersebut antara lain melihat dan membatasi waktu yang dihabiskan anak di Instagram. Orang tua juga akan mendapatkan notifikasi tentang akun yang diikuti anak. Bahkan mendapatkan notifikasi saat anak aktif saat melaporkan pengguna lain.

Kontrol orang tua diperkenalkan setelah jejaring sosial Meta “diserang” dan diduga berdampak negatif pada pengguna di usia muda.

Menurut meta-studi internal, penggunaan Instagram memiliki dampak negatif pada kesehatan mental pengguna muda, terutama wanita.

Setelah merilis Search, Meta mengumumkan akan memigrasikan program Instagram untuk anak di bawah 13 tahun. Setelah itu, kami meluncurkan fitur yang mendorong pengguna untuk menjeda Instagram untuk jangka waktu tertentu.

The Verge melaporkan bahwa perangkat pertama anak harus memiliki kontrol orang tua yang diaktifkan, tetapi pada bulan Juni, Instagram dapat mengaktifkan fitur ini dari perangkat orang tua atau wali. Bahkan jika akun anak Anda masih membutuhkan persetujuan.

Menurut Instagram, fitur lebih lanjut masih dalam pengembangan. Ada juga hal-hal yang meningkatkan pengalaman ulasan seperti membatasi waktu untuk permainan tertentu.

Fitur terbaru yang mendukung orang tua dalam pengawasan anak

Tools terbaru Instagram adalah bagian dari upaya Meta untuk mendukung orang tua dan orang tua yang lebih peduli tentang penggunaan produk oleh anak-anak mereka.

Selain alat ini, Meta juga memperkenalkan Family Center baru. Mereka percaya ini pada akhirnya akan menjadi situs masuk untuk alat verifikasi untuk semua produk meta.

Family Center memiliki Pusat Pembelajaran yang menawarkan artikel panduan, video tutorial, dan tip untuk berhubungan dengan anak-anak di media sosial

Fitur kontrol orang tua saat ini hanya tersedia untuk pengguna Instagram di AS. Pengguna di negara lain akan dapat menggunakan fitur ini dalam pembaruan dalam beberapa bulan mendatang, kata Moseri.

Perlunya pengawasan dari orang tua terhadap anak dimana ketika zaman semakin canggih dan informasi semakin mudah diakses maka pengawasan akan menjadi sangat penting.

Bahan pertimbangan penting bahwa anak sangat mudah terkontaminasi oleh informasi yang beredar di media sosial baik itu informasi yang bersifat positif maupun negatif. Namun fitur yang dibuat instagram adalah karena kecenderungan akan masuknya informasi negatif terhadap anak yang ditakutkan akan tidak dapat dikontrol.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *