Sejarah Baru! Pesawat Pertama Mendarat di Antartika
News Technology Travel

Sejarah Baru! Pesawat Pertama Mendarat di Antartika

Jalurmedia.com –  Pesawat pertama mendarat di Antartika. Pertama kalinya dalam sejarah, Sebuah pesawat tipe Airbus A340 berhasil melakukan pendaratan di Antartika. Kejadian menegangkan sekaligus membangkakan ini dilakukan oleh sebuah perusahaan pernerbangan bernama Hi Fly pada Selasa (2/11).

Pesawat Hi Fly tipe 801 diterbangkan langsung dari Cape Town, Afrika Selatan menuju Antartika.  Penerbangan ini ditugaskan langsung oleh sebuah resort bertema petualangan (kamp) yang tergolong cukup mewah bernama Wol’f Fang.

Tujuan diterbangkannya pesawat ini adalah untuk membawa stock persediaan barang maupun pangan resort tersebut.. Wolf’s Fang sendiri merupakan resort yang baru saja di bangun oleh perusahaan pariwisata Antartika bernama White Desert.

Proses Hi Fly Pesawat Pertama Mendarat di Antartika (Pesawat Besar Dengan Muatan)

Kapten yang ditugaskan untuk memimpin awak pesawat Hi Fly 801 selama perjalanan pulang dan pergi  adalah Kapten Carlos Mirpuri. Bukan sekedar kapten. Ia adalah wakil presiden perusahaan penerbangan Hi Fly.

Secara keseluruhan, perjalanan ini memakan waktu sekitar 3 jam. Terhitung dari perjalanan menuju Antartika, pemberhentian singkat untuk menurunkan muatan, hingga kembali ke Cape Town. Dengan jarak tempuh total sejauh 2.500 mil laut.

Untuk landasan, Wolf’s Fang telah menetapkan salah satu properti mereka sebagai tempat mendarat dan lepas landasnya pesawat.Lokasi ini kemudian disebut sebagai bandara Level C.

Landasan dibentuk dengan mengukir grooving di atas bongkahan es menggunakan peralatan khusus. Setelah di ukir dan di bersihkan, kru kemudian melakukan pengecekan untuk memastikan mereka telah mendapatkan koefisien pengereman yang sesuai dengan standar.

Dengan pajang 3.000 meter, landasan ini menjadi cukup aman untuk mendaratkan sebuah pesawat sebesar Airbus A340.

Namun yang menjadi hambatan cukup berat adalah cahaya yang dipantulkan oleh es dapat mengganggu pengelihatan pilot. Maka dari itu hanya kru yang sangat berpengalaman dan memiliki spesifikasi khusus yang dapat diterbangkan ke lokasi ini.

Cahaya yang menyilakukan telah menjadi fokus utama para kru di lapangan sebelum membiarkan pesawat untuk terbang. Maka mereka telah menyiapkan kaca mata khusus bagi kru yang akan bertugas.

Pendaratan Pertama Di Antartika Tahun 1928

Antartika sebelumnya pernah menjadi tempat singgah bagi beberapa pesawat. Namun hanya pesawat kecil atau pesawat perang.

Pesawat yang diyakini benar-benar mendaratkan dirinya di Antartika adalah Monoplane Lockheed Vega 1 pada tahun 1928. Pesawat ini dikemudikan oleh seorang pilot yang merupakan penjelajah militer asal Australia bernama George Hubert Wilkins.

Penerbangan tersebut diyakini memiliki tujuan untuk membantu mengeksplorasi suatu tempat sehingga mempermudah para ilmuan dalam membuat peta serta memperoleh informasi penting mengenai topografi Antartika.

Penerbangan pertama yang tercatat ke Antartika adalah monoplane Lockheed Vega 1 pada tahun 1928, dikemudikan oleh George Hubert Wilkins, seorang pilot dan penjelajah militer Australia.

Sebelumnya, jika ingin mengunjungi Antartika, orang akan menyebrangi lautan menggunakan kapal. Hal ini memakan waktu yang cukup lama. Dengan mendaratnya pesawat ini, tidak menutup kemungkinan akan menjadi gerbang pembuka penerbangan -penerbangan selanjutnya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.