Strategi-Branding-Murah
Opini

Strategi Branding Murah untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Strategi Branding Murah untuk menumbuhkan bisnis Anda? Apakah bisa?

Jika Anda berpikir bahwa branding adalah kemewahan dan sesuatu yang dapat Anda lakukan di masa depan, ketika bisnis Anda sukses, Anda tidak sendirian dalam berpikir seperti ini. Faktanya, beberapa pemilik usaha berjuang untuk memahami bagaimana branding memengaruhi bisnis mereka. Akibatnya, mereka mengalami kesulitan memberikan sebagian pengeluaran dari anggaran mereka untuk branding.

Masalahnya, para pemilik bisnis ini seringkali kesulitan mengembangkan bisnisnya. Jika mereka beruntung, mereka mungkin melihat pertumbuhan jangka pendek yang sederhana. Namun, bisnis yang tidak berinvestasi dalam branding yang kuat jarang melihat pertumbuhan jangka panjang yang agresif.  Pencitraan merek yang buruk merusak kredibilitas, kesadaran pelanggan, dan kepercayaan pelanggan. Pencitraan merek yang buruk merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Pencitraan merek yang baik tentunya dapat membangun kredibilitas. Membantu pelanggan terbaik Anda untuk mengidentifikasi, berhubungan, dan mengingat Anda ketika mereka membutuhkan produk atau layanan Anda. Pencitraan merek yang baik membangun hubungan tepercaya dengan pelanggan yang membayar Anda kembali dalam pendapatan dan bisnis yang berulang.

Semakin cepat Anda mulai mengembangkan merek dan identitas merek yang kuat dan autentik, semakin cepat bisnis Anda mulai menuai manfaatnya.

Mari kita perhatikan dengan baik Strategi Branding dibawah ini.

1. Buat Merek Otentik

Baik untuk Anda yang akan memulai bisnis, atau mengembangkan bisnis yang sudah ada. Anda harus mengetahui Investasi branding terpenting yang dapat Anda lakukan dan tidak memerlukan biaya sepeser pun. Ini adalah waktu dan pemikiran Anda untuk berinvestasi dalam mendefinisikan merek dagang Anda.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, setiap bisnis memiliki merek. Apakah mereka telah membuat keputusan merek tunggal secara sadar atau tidak. Itu karena merek terdiri dari visual, kata-kata, tindakan, dan produk yang mewakili bisnis Anda, serta pengalaman dan persepsi pelanggan.

Jika Anda menjalankan bisnis, elemen-elemen ini ada. Tapi, apakah merek Anda:

  1. Membingungkan, tidak selaras, atau
  2. Terlalu dibuat hati hati,
  3. Identitas inti otentik bisnis Anda ke target pasar Anda.

Merek terbaik adalah asli.

Merek autentik benar-benar berlaku bagi konsumen (memenangkan kepercayaan dan loyalitas mereka) dan dapat dipertahankan dengan sedikit usaha karena Anda tidak perlu berbohong atau memamerkannya.

Pilihan branding autentik akan datang secara alami karena mereka dimotivasi oleh nilai-nilai Anda yang sebenarnya dan kepribadian asli Anda. Jadi, luangkan waktu untuk memikirkan:

  1. Apa yang membuat bisnis Anda unik,
  2. Apa yang membuat produk atau layanan Anda unik, dan yang memandu sifat dan nilai kepribadian yang paling menggambarkan bisnis Anda – sebagaimana adanya.
  3. Kemudian, gunakan ciri-ciri merek yang Anda temukan sebagai panduan untuk setiap keputusan lain yang Anda buat dalam bisnis Anda.

Langkah ini gratis. Dan ini sangat PENTING. Jadi, luangkan waktu untuk mencari tahu apa merek Anda sebenarnya.

Pemilihan-Yang-Kuat

2. Dapatkan Nama Merek Yang Kuat

Nama bisnis Anda adalah perwakilan paling mendasar dari merek Anda. Meskipun tidak mungkin untuk mengontrol keseluruhan merek Anda (ingat bahwa merek terdiri dari persepsi publik serta pilihan merek sadar yang Anda buat), Anda mengendalikan nama bisnis Anda.

  • Orang akan mengidentifikasi dan mengingat bisnis Anda dengan namanya.
  • Mereka akan mencari bisnis Anda secara online berdasarkan namanya.
  • Mereka akan merekomendasikan bisnis Anda (atau tidak) dengan namanya.

Nama bisnis adalah masalah besar jika tidak Anda pikirkan dengan cermat. Dan, nama bisnis Anda (idealnya) harus mengkomunikasikan “siapa” bisnis Anda. Karena, nama bisnis yang tidak sesuai dengan merek Anda akan menyebabkan disonansi kognitif bagi audiens Anda. Hal ini akan membuat nama merek Anda lebih sulit diingat dan lebih sulit dipercaya.

Namun, nama merek yang dengan jelas mengomunikasikan esensi bisnis Anda akan beresonansi dan menarik pelanggan terbaik Anda. Nama bisnis Anda benar-benar tempat untuk berinvestasi dalam merek Anda. Beberapa orang menginvestasikan waktu. Dan, jika Anda berjuang untuk mengembangkan bisnis yang sudah ada, pertimbangkan apakah nama merek Anda menghambat Anda. Ini mungkin waktu yang tepat untuk mengubah citra dan memulai dengan identitas merek baru yang segar.

3. Bangun Merek Visual Yang Unik

Manusia adalah makhluk visual. Sebagian besar dari kita mengandalkan mata kita untuk menavigasi dunia dan hidup kita. Jadi, setiap bisnis diuntungkan ketika menghadirkan merek visual yang dapat dikenali dan diidentifikasi orang. Faktanya, jika Anda memulai bisnis dan mengerjakan rencana bisnis, calon investor dan pemberi pinjaman akan mengevaluasi kekuatan merek visual Anda saat memutuskan apakah akan melakukan investasi atau pinjaman.

Tapi, tidak semua elemen visual branding itu sama. Mari kita lihat elemen branding visual dengan keuntungan terbesar.

Logo

Orang mengidentifikasi orang lain dengan fitur wajah, bentuk tubuh, postur, dan gaya gerakan mereka. Namun, sebagian besar bisnis tidak memiliki satu wajah atau tubuh yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi mereka. Jadi, kami membuat logo perusahaan yang dapat digunakan orang untuk mengidentifikasi dan mengingat bisnis kami.

Logo Anda adalah alat identifikasi visual utama untuk bisnis Anda. Ini wajah bisnis Anda! Kami tidak dapat melebih-lebihkan betapa pentingnya logo Anda. Investasikan dalam logo yang dirancang khusus yang secara efektif menangkap merek asli Anda. Dan, ingat bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Berhati-hatilah dengan pembuat logo gratis. Pilihan gratis atau murah ini akan membebani Anda lebih banyak dalam biaya hukum (Anda tidak dapat merek dagang stock art dan template generik, yang Anda dapatkan dari generator dan pembelian logo diskon).

Logo kustom nyata dapat menjadi merek dagang.

Dan, komputer tidak memahami emosi manusia, teori warna atau bentuk, atau psikologi. Desainer logo sejati memahami bagaimana orang berpikir dan bagaimana menciptakan merek yang kuat secara emosional.

Untuk wawasan lebih lanjut dan daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada desainer atau agensi saat mencari logo, lihat panduan ini tentang berapa biaya desain logo.

Pemilihan Warna Merek

Logo adalah landasan dari merek visual. Tapi, itu bukan merek visual keseluruhan. Merek visual yang lengkap memberikan konteks visual yang lebih luas yang dapat dikaitkan orang dengan bisnis Anda. Dan, tidak ada merek visual yang lengkap tanpa palet warna khusus.

  • Warna adalah pembangkit tenaga merek utama.
  • Warna beresonansi dengan orang-orang, menarik perhatian, dan mengomunikasikan emosi.

Dan, ketika warna berulang kali hidup berdampingan dalam kombinasi, mereka mengambil identitas mereka sendiri. Merah dan kuning memunculkan McDonald’s. Hutan hijau dan putih membangkitkan Starbucks. Mencari Pembelian Terbaik? Anda akan mengenalinya dengan tanda biru dan kuning kerajaan jauh sebelum Anda dapat membaca jenisnya.

Bisnis Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari pengenalan warna merek. Dan, berita terbaiknya adalah bahwa alat pencitraan merek yang hebat ini hanya membutuhkan sedikit biaya – hanya sedikit waktu. Jadi, investasikan waktu untuk mengembangkan palet warna merek.

Cara Menggunakan Warna Secara Efektif

Logo merek Anda harus menginspirasi dasar warna Anda. Hal ini harus mencakup warna logo Anda, beberapa warna netral (hitam, putih, abu-abu, kelabu tua, dll.) untuk fleksibilitas, dan mungkin satu atau dua warna pelengkap tambahan (berdasarkan berapa banyak warna dalam logo Anda).

Jangan berlebihan dengan terlalu banyak warna khas yang kuat. Seimbangkan warna kuat yang menarik fokus dengan warna yang lebih tenang dan resesif untuk memastikan iklan Anda, konten media sosial, situs web (dan banyak lagi) mudah dibaca. Strategi Branding gratis lagi kan?

Sistem Ilustrasi

Untuk bisnis dengan sedikit lebih banyak ruang gerak dalam anggaran branding mereka, pertimbangkan sistem ilustrasi. Sistem ilustrasi adalah serangkaian grafik bergambar yang dapat digunakan, dicampur ulang, dan digunakan kembali di seluruh situs web Anda, posting media sosial, kartu nama, grafik blog, dan template email. Sistem ilustrasi yang baik melengkapi logo Anda secara visual. Dan, bersama dengan logo Anda, mereka menciptakan konteks visual yang lebih besar di mana orang dapat mengenali merek Anda.

Investasi ini akan memberikan keuntungan branding Anda dalam tiga cara:

  • Ini adalah cara lain bagi orang untuk mengenali bisnis Anda secara visual, meningkatkan kemungkinan mereka mengenal merek Anda.
    Menyediakan konteks visual yang lebih luas menciptakan jaringan saraf yang lebih besar yang didedikasikan untuk bisnis Anda di otak orang, sehingga mereka lebih cenderung mengingat Anda.
  • Sistem ilustrasi dapat digunakan dan digunakan kembali dalam banyak konteks. Jadi, Anda akan selalu memiliki sumber daya serbaguna yang dapat digunakan untuk visual branding tanpa menghabiskan lebih banyak setelah biaya pembuatan awal.
  • Jika Anda tidak mampu membeli sistem ilustrasi sekarang, sisihkan uang untuk diinvestasikan nanti. Ini adalah investasi yang akan terus memerikan Anda keuntungan.

4. Perkuat Jaringan Online

Saat memutuskan ke mana harus membelanjakan uang untuk merek Anda, prioritaskan situs web Anda. Sebuah situs web bukan hanya perwakilan merek utama; itu juga merupakan alat penjualan fungsional. Jadi, investasi ini membayar bisnis Anda kembali di berbagai tingkatan. Setiap situs web bisnis harus cepat dimuat dan mudah dinavigasi. Namun, detail fungsional vital seperti ini hanyalah bagian dari persamaan.

Situs web Anda juga perlu bertindak sebagai duta merek Anda – membantu orang mengenal bisnis Anda, mendidik mereka tentang apa yang Anda lakukan, dan meyakinkan mereka bahwa mereka telah menemukan bisnis yang mereka cari. Untungnya, jika Anda telah berinvestasi dalam logo khusus yang unik, palet warna yang mudah diingat dan sesuai merek, dan sistem ilustrasi, Anda sudah memiliki semua blok bangunan yang Anda butuhkan untuk membuat situs web merek yang fantastis.

Karena sebagian besar calon pelanggan akan melihat situs web Anda sebelum berinteraksi dengan bisnis Anda dengan cara lain, Anda tidak dapat mengambil jalan pintas di situs web Anda. Seperti logo Anda, letakkan dolar branding Anda di sini.

5. Kembangkan Suara Merek Yang Unik

  • Merek tidak hanya berkomunikasi dengan grafik.
  • Mereka juga berkomunikasi dengan teks dan kata yang diucapkan.

Dan, kata-kata yang Anda pilih harus selaras dengan kepribadian dan nilai merek Anda. Ini menciptakan kesan bahwa bisnis Anda memiliki identitas yang konsisten. Kepercayaan tumbuh dari paparan berulang – tetapi hanya ketika setiap paparan menegaskan kesan awal kita. Sulit untuk mempercayai orang atau bisnis yang tidak menentu dan tidak dapat diandalkan. Jadi, salinan situs web Anda, posting media sosial, pesan email, desain kemasan (jika ada), dan bahasa dukungan pelanggan semuanya harus terdengar seperti berasal dari “orang” yang sama. merek Anda.

Mengidentifikasi dan secara konsisten menggunakan suara merek tertentu adalah pilar inti dari identitas merek Anda. Dan, gratis. Tapi, itu memang membutuhkan sedikit pemikiran. Tentukan beberapa kata sifat untuk menggambarkan suara merek Anda. Simpan ini berguna setiap kali Anda menulis salinan baru. Dan bagikan dengan siapa saja yang berinteraksi dengan pelanggan Anda. Suara merek yang konsisten akan membayar Anda kembali dalam kepercayaan pelanggan dan penjualan tambahan.

Penutup

Merek Anda adalah alat yang sangat berharga yang dapat mengangkat bisnis Anda atau menahannya. Investasi merek strategis ini akan memungkinkan Anda menciptakan merek yang menarik tanpa merusak kantong Anda.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *