Sereal Tertua Yang Pernah Dibuat Di Dunia. Intip Daftarnya Yuk!
Food

Sereal Tertua Yang Pernah Dibuat Di Dunia. Intip Daftarnya Yuk!

Jalurmeda.com – Manusia telah makan biji-bijian selama yang bisa diingat siapa pun. Tetapi sereal tertua dan pertama yang benar, tidak muncul sampai abad ke-19. Namun, sarapan cenderung menjadi urusan yang berat dan sereal dingin pertama diciptakan sebagai alternatif yang lebih sehat.

Sereal awal ini terbuat dari gandum dan keras dan tidak terlalu bagus. Akhirnya, resep sereal ini menjadi lebih berkembang. Kini kita dapay melihat sereal di seluruh rak bahan makanan yang ada di supermarket. Sementara beberapa sereal dalam daftar ini sudah lama hilang, beberapa masih benar-benar ada saat ini dan hampir sama populernya.

Baca juga: Lima Manfaat Paprika Yang Harus Kamu Ketahui! Simak Baik-Baik!

 

Berikut adalah daftar merek Sereal tertua yang pernah dibuat di dunia!

10. Force

Force
photo source: Wikimedia Commons

Force merupakan rpoduk sereal yang dibuat pada tahun 1901. Sereal ini berhasil di buat oleh Force Food Company. Bertempat di Buffalo, New York, USA, Force dulunya sangat digemari oleh masyarakat setempat. NAmun sayang, saat ini Force sudah tidak beredar dipasaran lagi.

Force menjadi makanan pokok di Inggris karena kehilangan dukungan di Amerika Serikat. Sunny Jim dan jingle-nya sedikit dimodifikasi untuk penonton Inggris dan mereka langsung membawanya. Force mengubah kepemilikan beberapa kali selama bertahun-tahun. Sereal terakhir diproduksi oleh Nestlé hanya di Inggris hingga tahun 2013 lalu.

9. Kellogg’s Corn Flakes

Kellogg’s Corn Flakes
photo source: Wikimedia Commons

Kellogg’s Corn Flakes mungkin bukan sereal tertua yang pernah ada di dunia. Namun sereal ini menjadi salah satu yang paling ikonik pada masanya. Sereal ini pertama kali diproduksi pada tahun 1898. Kellogg’s Corn Flakes sering terlintas di benak orang saat memikirkan sarapan. Kellogg bersaudara telah berkecimpung dalam bisnis sereal selama lebih dari satu dekade, mereka awalnya menjual granola.

Namun seiring berkembangnya waktu, mereka terus bereksperimen dengan teknik yang berbeda dan akhirnya menghasilkan serpihan jagung. Sereal baru Kelloggs lebih ringan, lebih renyah, dan lebih enak daripada sebagian besar sereal awal abad ke-19. Tentu saja, Corn Flakes Kellogg menjadi hit dan masih sangat populer hingga saat ini.

8. Vitos

Vitos
photo source: Wikimedia Commons

Saat persaingan di industri sereal semakin ketat, Pillsbury memutuskan untuk memasuki pasar ini dengan sereal mereka sendiri. Mereka memberi nama produknya dengan sebutan Vitos. Vitos pertamakali diproduksi pada tahun 1897 di Minneapolis, Minnesota, USA.

Seperti sereal awal lainnya, Vitos dibuat dari gandum. Pillsbury mencoba membuat Vitos menonjol dari persaingan dengan memberi tahu konsumen bahwa itu bisa dimakan dengan berbagai cara. Perusahaan bahkan mengadakan kompetisi resep amatir menggunakan Vitos pada tahun 1900.

7. Grape-Nuts

Grape-Nuts
photo source: Wikimedia Commons

Grape-Nuts memulai debutnya pada tahun 1897. Hal ini muncul setelah C. W. Post mengunjungi Sanitarium Battle Creek milik John Harvey Kellogg. Mereka kemudian menjadi tertarik pada semua resep Kellogg. Post memutuskan untuk membuka perusahaannya sendiri di Battle Creek dan memproduksi serealnya sendiri, Grape-Nuts.

Seperti semua sereal awal, Grape-Nuts diiklankan sebagai makanan kesehatan. Grape-Nuts ini dibuat dari adonan yang dipanggang menjadi lembaran sereau yang kaku. Adonan tersebut kemudian diolah melalui penggiling kopi untuk menghasilkan biji berukuran kacang.

6. Granose Flakes

Granose Flakes
photo source: scalar.usc.edu

Sebelum membuat Corn Flakes, John Harvey Kellogg dan saudaranya William Kellogg melakukan banyak percobaan. Mereka mencoba untuk membuat sereal yang sempurna. Selain itu mereka juga berusaha membuat sesuatu yang dapat bersaing dengan Gandum Abon.

Menurut pengetahuan Kellogg Company, Granose Flakes adalah hasil dari ketidaksengajaan. Will Kellogg meninggalkan setumpuk buah gandum untuk direndam semalaman dan setelah menemukan kesalahannya, dia memutuskan untuk menjalankannya melalui rol mesin. Ini menghasilkan lembaran tipis adonan yang menghasilkan serpihan besar yang kemudian disebut Granose Flakes.

5. Shredded Wheat

Shredded Wheat
photo source: Wikimedia Commons

Shredded Wheat adalah sereal kuno populer lainnya yang berasal dari akhir abad ke-19. Sereal ini ditemukan oleh Henry Perky. IA berhasil membuat produk ini pada tahun 1890. Perky melanjutkan untuk memulai Perusahaan Mesin Sereal dan dia awalnya menjual sereal gandum parut barunya ke restoran vegetarian pada tahun 1892. Pada tahun 1893, Shredded Wheat melakukan debut nasionalnya. Sereal ini muncul di Pameran Kolombia Dunia Chicago. HAl itu pula yang membuat produk makanan yang satu ini meledak dipasaran.

4. Pettijohn’s Breakfast Food

Pettijohn’s Breakfast Food
photo source: Flickr via Boston Public Library

Pettijohn’s Breakfast Food adalah sereal yang sudah lama hilang, tetapi merupakan salah satu sereal gandum paling awal yang diproduksi secara massal. Pada awalnya Pettijohn’s Breakfast Food diproduksi oleh The American Cereal Co. dari Chicago, Illinois.

Kemudian tepat pada tahun 1893, Pettijohn’s Breakfast Food resmi dijual ke The Quaker Oats Company. Pettijohn dibuat dari gandum putih pasifik terbaik dan disebut-sebut sebagai makanan kesehatan yang memiliki semua manfaat gandum utuh.

Baca juga: Burger Termahal Di Dunia! Bahannya Premium Semua, Harganya Berapa Ya?

 

3. Granola

Granola
photo source: Wikimedia Commons

Saat ini, granola menjadi sereal yang tersedia secara luas dari berbagai merek. Granola sebenarnya dimulai sebagai merek khusus yang dibuat oleh John Harvey Kellogg sekitar tahun 1881. Kellogg terinspirasi oleh Granula James Caleb Jackson dan sebenarnya awalnya menyebut serealnya sendiri Granula. Meskipun Granula Kellogg sangat berbeda dengan produk Jackson, Jackson mengajukan pelanggaran hak cipta terhadap Kellogg, yang kemudian mengubah nama serealnya menjadi Granola.

Granola Kellogg terbuat dari gandum, bukan tepung Graham yang digunakan Jackson. Kellogg juga menggunakan proses penggulungan yang berbeda untuk membuat oat lebih renyah dan mudah dikunyah daripada sereal Jackson, yang harus direndam semalaman.

2. Wheatena; Sereal Tertua Kedua Di Dunia

Wheatena
photo source: Flickr via Internet Archive Book Images

Wheatena mungkin bukan salah satu merek sereal yang dikenal secara luas saat ini. Namun tahukan Anda bahwa produk sereal satu ini ,merupakan salah satu sereal tertua yang diproduksi terus menerus. Bahkan disebut-sebuat bahwa sereal ini telah diproduksi sejak abad ke-19. Sereal Wheatena dibuat oleh George H. Hoyt. Oleh tangannya, sereal Wheatena menjadi salah satu sereal pertama yang dikemas dalam kotak.

Pada saat itu, sebagian besar sereal disimpan dalam tong besar yang ada di toko kelontong. Pada zaman itu, sereal diambil dengan pound untuk kemudian diberi kepada pelanggan. Hoyt merasa bahwa kemasan yang digunakannya akan menarik bagi pelanggan. Rupanya Wheatena tidak banyak berubah selama bertahun-tahun.

1. Granula; Sereal Tertua Di Dunia

Granula
photo source: Wikimedia Commons

Pertama kali ditemukan pada tahun 1863, Granula adalah sereal tertua yang pernah dibuat di dunia. Granula adalah sereal sarapan pertama, seperti yang kita kenal sekarang. Granula diciptakan oleh Dr. James Caleb Jackson. IA juga yang mengelola spa kesehatan di bagian utara New York. Dr Jackson mulai bereksperimen dengan sereal dingin sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Jackson datang dengan Granula, yang terbuat dari adonan tepung Graham yang digulung menjadi lembaran dan dipanggang. Lembaran kering ini kemudian dipecah menjadi beberapa bagian, dipanggang lagi, dan dipecah lagi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. (pus)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *