Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh
News

Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, Ini Makna Pentingnya!

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2021 sudah di depan mata. Pemerintah telah menetapkan logo dan tema HUT ke-76 RI sejak 17 Juni 2021 lalu. Adapun logo dan tema HUT ke-76 RI kali ini adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

logo kemerdekaan indonesia ke 76

Makna Logo HUT RI ke-76 “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”

Hal itu diumumkan di situs resmi Kementerian Sekretariat Negara. Logo dan tema HUT ke-76 RI kali ini memiliki banyak arti bagi masyarakat Indonesia, apalagi untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021 besok. Dalam keterangan resmi tersebut dijelaskan bahwa makna tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan. Agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Sementara itu. Logo ‘7’ diartikan sebagai bagian dari ‘tiang pancang’ infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Logo tersebut juga menggambarkan ‘kepala Garuda’ yang melambangkan Pancasila, yang menjadi landasan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Sedangkan angka ‘6’ dimaknai sebagai ‘orang dan roda yang sedang bergerak’ terus maju ke depan, yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi. Bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6 yang diasosiasikan sebagai ‘ruang’ yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Adapun bentuk lingkaran di angka 6 diartikan sebagai pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Sehingga secara umum terdapat empat makna logo HUT ke-76 RI tersebut. Pertama adalah stabilitas dan pembangunan, kedua adalah gerak dan pertumbuhan, ketiga adalah ruang kebersamaan, dan terakhir adalah persatuan dan harapan.

Makna “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” Menurut Presiden Indonesia

makna kemerdekaan ke76

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartanto sempat menyebut bahwa makna dari tema HUT ke-76 RI adalah Indonesia Tangguh menghadapi berbagai krisis yang selama ini menempa, salah satunya pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan penting di peringatan HUT Ke-76 RI. Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk bergotong royong. Jokowi berharap Indonesia tangguh melewati berbagai cobaan.

“INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH”

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, bisa kita capai dengan bahu-membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong-royong dalam satu tujuan. Tangguh dalam menghadapi pandemi, tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” tulis Joko Widodo. Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagram @jokowi (17/08/2021). Presiden Jokowi juga ingin bangsa Indonesia terus tumbuh. Beliau berdoa segala upaya agar dimudahkan Tuhan Yang Mahakuasa. “Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” Ujar Presiden Indonesia Jokowi.

“Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan makna dari tema HUT Ke-76 Kemerdekaan RI yaitu ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh yang merupakan harapan bangsa di tengah berbagai ujian seperti krisis akibat pandemi Covid-19. “Semuanya bisa kita capai dengan bahu membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong royong dalam menghadapi pandemi. Tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa.

Adapun, dalam keterangan resmi yang dirilis Kementerian Sekretaris Negara, dijelaskan bahwa makna dari tema itu mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Presiden Jokowi berharap segala upaya menuju Indonesia yang tangguh dan terus bertumbuh mendapatkan restu Tuhan Yang Maha Eesa.

“Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” ujar Jokowi dalam unggahan tersebut.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *