Timnas Indonesia Lolos Piala Asia Usai Hajar Nepal 7-0
News Sports

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia Usai Hajar Nepal 7-0

Jalurmedia.com – Timnas Indonesia mengalahkan Nepal pada laga pamungkas Piala Asia AFC 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/06/2022) dini hari. Skornya adalah 7-0. Gol Timnas Indonesia dicetak oleh Dimas Drajad pada menit keenam, Witan Sulaeman pada menit ke-43 dan ke-81, Fachruddin Aryanto pada menit ke-54, Saddil Ramdani pada menit ke-55, Elkan Baggot pada menit ke-80 dan Marselino Ferdinan pada menit ke-90.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke final Piala Asia 2023. Dengan begitu, tim “Merah-Putih” ini menjadi salah satu dari lima kandidat terbaik di ajang piala Asia.

Indonesia vs Nepal di Pra Piala Asia

Tim nasional Indonesia menciptakan peluang instan dalam waktu 10 detik, Saddil Ramdani meluncurkan tendangan ke kotak pinalti Nepal. Sementara Dimas menyambut bola tersebut. Tim Indonesia mencetak gol pada menit ke-6 melalui sundulan Dimas. Skor 1:0.

Nepal mendapat peluang pada menit ke-11, Asnawi memainkan umpan silang lemah dan Aryal hampir saja menyambar bola. Namun untungnya Nadeo lebih cepat mendapatkan bola. Pada menit ke-13 giliran Arhan yang melakukan kesalahan fatal karena kontrolnya yang buruk. Ini memungkinkan salah satu pemain Nepal untuk lepas landas, untungnya tendangan tersebut masih tinggi di atas mistar.

Setelah itu, performa timnas Indonesia agak menurun. Tim Garuda banyak melakukan operan buruk dan sedikit malas mengejar bola. Nepal mendapat sedikit angin untuk menyerang.

Tim Indonesia kembali menciptakan peluang pada menit ke-25. Witan mengambil operan tarik datar, bola ditendang oleh Dimas, tetapi bola hanya meleset ke gawang Nepal. Pada menit ke-32, tim Indonesia kembali mendapat peluang bagus. Tembakan datar setelah drag pass, tapi bola masih belum menjadi gol kedua

Semenit kemudian, Aryal mendapat kartu kuning kedua yang berujung kartu merah. Ia menerima kartu kuning kedua setelah menendang lutut Asnawi saat memperebutkan bola. Pemain Nepal turun menjadi 10 pemain. Dengan begitu tim Indonesia lebih unggul dalam hal jumlah pemain. Pada menit ke-40, tim Indonesia nyaris mencetak gol kedua. Arhan melepas tendangan ke tiang jauh Nepal, bola masih lemah.

Mencetak gol kedua

Tim Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-43, dan Asnawi melepaskan umpan datar,  dan bola ditendang akurat oleh Witan. Skor 2:0 menjadi hasil akhir babak pertama. Pada menit ke-48, tim Indonesia menciptakan peluang. Marselino Ferdinan (pengganti Klok) mengenai sasaran dengan tembakan jarak jauh, namun bola melebar.

Indonesia memiliki peluang emas di menit ke-51: Muhammad Rafli (pengganti Dimas) mendapat tembakannya dengan umpan silang rendah, namun bola berhasil di hadang oleh Deep. Indonesia mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-54. dimulai dari sepak pojok, pemain Nepal mencoba memainkan bola ke arah gawang dan Deep mendorongnya. Tetapi bola terlepas dari tangannya dan jatuh. Fachruddin menyambar bola liar tersebut dengan tendangan. Skor menjadi 3-0.

Semenit berselang, tim Indonesia mencetak gol keempat. Rafli melemparkan umpan menular ke dalam kotak dan bola langsung ditembakkan ke gawang oleh Sadill. Skor menjadi 4-0. Sementara itu Rafli kembali ke performa buruknya di menit ke-58, Arhan mengirim umpan silang ke enam dan Rafli mendapat tendangan yang bisa ditepis Deep.

Indonesia lolos ke Piala Asia

Timnas Indonesia semakin kaya akan peluang. Namun, banyak yang terbuang, baik karena akurasi yang buruk maupun penyelamatan yang dilakukan oleh kiper Nepal tersebut. Selain menggagalkan peluang Rafli, Deep Karki berhasil membuang peluang dari Elkan Baggot ke Sadill dalam beberapa kesempatan.

Pada menit ke-72, Bikash melakukan intervensi berbahaya pada Asnawi. Asnawi meringis kesakitan, sementara pemain Indonesia lainnya mulai terprovokasi, khususnya Sadill. Kemudian Uperkoti memukul kepala Sadill dari belakang. Wasit memberi Sadill dan Uperkoti kartu kuning, tapi tidak untuk Bikash. Pada menit ke-80, tim Indonesia mencetak gol kelima, tembakan Elkan dari jarak jauh dan merongrong sisi kiri bawah gawang Nepal. 5-0.

Gol keenam tercipta pada menit ke-81 ketika Riki mengambil bola dari pemain Nepal dan melepaskan umpan ke Witan. Umpan tersebut kemudian disempurnakan dengan tendangan presisi. 6-0 Dan tim Indonesia mencetak gol ketujuh di menit ke-90, Marcelino mulai di sebelah kiri gawang Nepal. 7-0

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.