International Monetary Fund Sebagai Penjaga Sistem Moneter Internasional
Relationship

Manfaat Pujian yang Diberikan Orangtua untuk Anak

Jalurmedia.com –¬†Perkataan positif yang diucapkan orangtua kepada anaknya mampu membuat sang anak merasa bahagia dan termotivasi. Pujian merupakan salah satu bentu apresiasi yang banyak memberikan manfaat terhadap psikologis anak. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan sang anak ketika ia mendapat pujian dari orangtuanya.

5 Manfaat Pujian bagi Anak

Merasa dianggap dan dihargai

Apresiasi yang diberikan kepada anakmu membuat ia merasa dihargai dan dianggap kehadirannya. Kata-kata positif yang diberikan kepadanya akan mendorong dirinya untuk menjadi seseorang yang optimis dan tidak mudah menyerah. Sehingga ketika anakmu sudah dewasa, ia akan mampu memberikan motivasi untuk orang-orang di sekitarnya. Hal ini dikarenakan ia sudah belajar dari orangtuanya sejak kecil mengenai cara mendukung orang lain.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri sangatlah penting karena menjadi bekal seorang anak dalam menghadapi hidupnya. Dengan memiliki rasa kepercayaan diri, anakmu akan memiliki keyakinan dan pendirian yang kuat dalam mempertahankan atau mengejar sesuatu. Tidak hanya itu, anakmu juga akan menjadi seorang yang berani untuk berkompetisi dan mencoba hal-hal yang baru. Ketika ia gagal atau jatuh sekalipun, ia akan segera bangun kembali dan tidak mudah menyerah.

Memberikan rasa nyaman dan bahagia

Pujian yang diberikan akan membuat anakmu selalu merasa nyaman berada di dekatmu. Tidak hanya itu, ia juga merasa bahagia karena apa yang dilakukannya mendapat reward atau penghargaan dari orangtuanya. Begitu pula sebaliknya, anakmu akan sedih jika kamu tidak pernah memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukannya. Hasilnya, ia akan menjadi anak yang pemurung karena kurang mendapat dukungan darimu.

Membentuk karakter yang positif

Sebagai orangtua, kamu mempunyai hubungan dan peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anakmu. Untuk itu, kamu bisa membantu dengan mengarahkan anakmu agar menjadi pribadi yang memiliki karakter positif. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan pujian serta apresiasi atas apa yang telah diraih atau dilakukan anakmu. Sikapmu ini akan mendorongnya untuk selalu berpikir, bertindak, dan bertutur kata positif.

Memberikan dorongan semangat

Alangkah baiknya jika kamu selalu berkata baik kepada anakmu. Termasuk di dalamnya ialah memberikan pujian yang akan mendorong anakmu untuk lebih bersemangat mengejar impiannya. Selain pujian, kamu juga bisa mendukung usahanya dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan. Kamu bisa menunjang bakat atau hobi yang digemari anakmu dengan menyediakan fasilitas atau ruang untuk dirinya berkembang.

Ternyata banyak kan manfaat yang bakal didapatkan ketika kamu memberikan pujian kepada anakmu. Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, pikiranmu menjadi lebih terbuka dan kamu menyadari betapa pentingnya pujian yang diberikan untuk anakmu. Dengan begitu, kamu tidak lagi merasa ragu atau sungkan ketika memberikan perhatian dan penghargaan kepada anakmu.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *