Perang Dunia I: Sejarah Peradaban Dunia
Opini

Perang Dunia I: Sejarah Peradaban Dunia

OPINI, Jalurmedia.com РSejarah hari ini mengingat kembali peristiwa hebat yang mengguncang dunia pada abad ke dua puluh yakni perang dunia pertama atau sering yang disebut World War I (WWI). Perang dunia pertama masih menjadi isu yang tak akan pernah terlupakan hingga saat ini. Ingatan masa lalu atas peristiwa ini tercatat sebagai salah satu sejarah dari perdaban politik dunia. Berbagai pertentangan dan kisruh pada perang dunia I memiliki berbagai kisah.

Perang dunia pertama berlangsung sekitar empat tahun lamanya yakni mulai pada tahun 1914 sampai dengan tahun 1918. Perang dunia pertama sebagai penanda konflik besar pertama yang terjadi di dunia dan melibatkan beberapa pihak dan termasuk negara. Dampak yang dihasilkan dari konflik tersebut juga menimbulkan trauma bagi masyarakat dunia pada masa itu.

Perang ini melibatkan banyak negara-negara besar terutama negara-negara di Eropa. Beberapa negara tersebut seperti Inggris, Perancis, Jerman, Austria, Hungaria, Rusia, Italia, Jepang, hingga Turki. Berdasarkan catatan sejarah World War I ditandai dengan persaingan di bidang industri yang besar antara Jerman dan Inggris. World War I terjadi di Eropa namun juga memiliki pengaruh kepada negara-negara lainnya sehingga terbentuknya kekuatan dunia melalui aliansi selama berlangsungnya perang dunia.

Latar Belakang Perang Dunia I

Latar Belakang Perang Dunia I

Pecahnya perang dunia pertama disebabkan oleh perkembangan industri militer yang kemudian menimbulkan persaingan ekonomi dan militer antara negara-negara di Eropa terutama negara yang maju dalam industri militer pada masa itu. Rasa keinginan yang kuat dari negara-negara besar di Eropa untuk mempertahankan dan memperluas daerah kekuasaannya sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Karena persaingan yang ditimbulkan akhirnya beberapa negara maju tersebut membentuk aliansi untuk memperkuat ketahanan negaranya.

Kekuatan-kekuatan besar Eropa ini akhirnya terbagi menjadi dua aliansi besar yang bertentangan. Kedua aliansi tersebut yakni Blok Sekutu yang terdiri dari Britania Raya, Perancis dan Rusia. Aliansi kedua disebut dengan Blok Sentral yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria dan Italia. Lebih dari 70 juta tentara militer dari negara-negara besar tersebut dilibatkan selama perang berlangsung. Lebih dari 9 juta prajurit gugur dalam peperangan.

Fakta lain menyebutkan bahwa pecahnya World War I disebabkan oleh kabar dari pembunuhan pewaris tahta kerajaan yakni putra mahkota Austria-Hungaria Archduke Franz Ferdinand pda 28 Juni 1914. Sang putra mahkota terbunuh oleh seorang nasionalis Yugoslavia Gavrilo Princip. Motif dari pembunuhan berencana ini adalah penyatuan kembali masyarakat Yugoslavia. Alasan lainnya bahwa masyarakat Yugoslavia ingin membebaskan diri dari pemerintahan Austria pada masa itu. Dapat dikatakan bahwa Yugoslavia ingin memerdekakan diri dari belenggu Austria.

Kabar ini yang kemudian menimbulkan ketegangan antara negara besar tersebut yakni Austria-Hungaria terhadap Serbia.Karena ketegangan yang ditimbulkan terciptalah pertempuran hebat berskala global antara negara-negara besar yang berpengaruh di dunia pada masa itu. Sehingga terbentuklah aliansi antar negara-negara kuat pada masa itu termasuk Inggris dan Jerman di dalamnya.

Dampak Dan Akhir Dari Perang Dunia I

Dampak Dan Akhir Dari Perang Dunia I

Selama empat tahun lamanya ketegangan berlangsung di Eropa antara negara-negara besar dengan kekuatan militer dan ekonomi yang sudah maju dibandingkan dengan negara lainnya. Pecahnya ketegangan atas perang dunia pertama memasuki fase klimaks saat para tentara Jerman berusaha untuk menyerang Perancis dengan modifikasi militernya melalui jalur darat dari Belgia.

Perang dunia pertama merupakan perang yang terjadi di dataran Eropa dengan aktor utama dari perang ini yakni negara-negara besar Eropa pada masa itu. Pihak yang terlibat merupakan negara-negara yang tangguh akan kekuatan militernya seperti Jerman, Inggris, Italia, Perancis serta Austria-Hungaria. Meskipun perang ini hanya terjadi di dataran Eropa namun perang dunia pertama dikenal sebagai pertempuran global dengan dampak serta akibat yang ditimbulkan sangat besar bagi negara lain juga yang tak terlibat perang.

Pasalnya dari perang dunia pertama terbentuk konsep aliansi antar negara-negara hebat. Negara-negara ini berlomba untuk memperluas negaranya dengan melakukan konsep imperialisme dan kolonialisme. Perjanjian-perjanjian yang dibuat dengan aliansi pertahanan juga dilakukan tidak hanya negara Eropa saja namun juga negara lain seperti Jepang dan Amerika serta Rusia yang ikut bersekutu.

Munculnya konsep kepentingan atas aliansi tersebut membuat seakan negara lain juga terlibat dalam perang. Akhir dari perang dunia pertama kemudian membentuk blok antar negara. Karena keterlibatan negara lain yang berasal dari luar Eropa kemudian membentuk blok sentral dan blok sekutu. Hingga akhirnya Blok Sekutu mampu untuk menaklukan Blok Sentral. Blok Sekutu berhasil memaksa Jerman sebagai Blok Sentral untuk menandatangani gencatan senjata. Perang dunia I pun secara resmi berakhir saat Jerman, Inggris, Perancis dan Rusia menandatangani Perjanjian Versailles pada 28 Juni 1919.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *