Tips Bergaul untuk Seseorang yang Introvert
Relationship

Tips Bergaul untuk Seseorang yang Introvert

Jalurmedia.com –¬†Beberapa orang memang memiliki sifat yang pemalu, tertutup, dan suka menjaga jarak dengan orang lain. Namun, kemampuan bergaul yang baik juga tetap penting. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, salah satunya memiliki teman. Kemampuan bergaul juga akan bermanfaat ketika kamu sudah bekerja karena kamu pasti membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa kamu perlu melatih diri untuk bergaul. Meskipun kamu memiliki kepribadian yang cenderung tertutup, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bergaul dengan teman-temanmu.

3 Tips untuk Perluas Pergaulanmu

Dilansir dari Popbela, berikut 3 cara yang bisa kamu coba lakukan untuk memperluas pergaulanmu.

Menemukan interest yang sama

Salah satu yang menyebabkan keraguanmu dalam bergaul dengan sekelompok orang mungkin karena perbedaan yang kamu rasakan dengan orang lain. Kamu bisa mencoba untuk mencari kesamaan dengan teman-temanmu. Misalnya hobi yang sama, kegiatan yang sama, maupun keinginan yang sama.

Kalau kamu lebih berfokus pada persamaan yang dimiliki, kamu pasti akan lebih mudah untuk masuk ke pergaulan mereka. Meskipun persamaan tidak menghapus perbedaan, namun persamaan membuat perbedaan tidak lagi terlihat sebagai masalah besar.

Tidak usah mempermasalahkan perbedaan gender

Kita mengetahui memang ada beberapa orang yang tidak dapat memiliki hubungan persahabatan dengan lawan jenis. Namun bukan berarti kita tidak bisa sekadar berteman kan? Terlebih jika kamu memiliki kegiatan atau keperluan yang sama dan sering bertemu. Kendala yang muncul dalam bergaul dengan lawan jenis sering kali datang dari cara berpikirmu sendiri dan cara kamu dibesarkan dalam keluarga.

Jika kamu mendapatkan didikan yang cukup ketat untuk menjaga jarak dengan lawan jenis, kamu pasti akan merasa canggung kalau harus berteman dengan mereka. Kamu terlalu khawatir kalau teman lawan jenismu akan naksir kepadamu atau melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya kepada dirimu.

Cobalah menghapus pikiran seperti itu dengan cara berbincang di keramaian dengannya. Menjaga diri memang perlu, namun kamu juga bisa melawan rasa takutmu dengan cara tersebut.

Simpan gawaimu ketika mengobrol

Kamu pasti pernah merasa grogi ketika diajak untuk mengobrol dengan orang lain. Alih-alih bertatap muka, kamu malah memainkan gawaimu untuk menghindari kontak mata dengannya. Kemudian kamu juga jadi tidak bisa lepas dari gawaimu karena tidak tahu harus berbuat apa.

Namun ternyata, sikapmu yang seperti itu bisa membuat lawan bicaramu merasa tidak dihargai. Meskipun kamu tetap menyimak perkataan dan bisa menanggapi percakapan dengan baik, menatap lawan bicaramu juga penting.

Dengan menjaga kontak mata, kamu akan lebih mudah untuk saling memahami perasaan atau suasana yang tergambar dari raut wajah mereka ketika sedang berbicara. Tidak ada yang salah dengan kepribadian introvert, namun kamu juga bisa menyiasati pergaulanmu dengan beberapa cara tersebut. Menjaga hubunganmu dengan orang lain tidak akan mengubah kepribadianmu.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *